eprintid: 55033 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/50/33 datestamp: 2022-11-14 03:04:06 lastmod: 2022-11-14 03:04:06 status_changed: 2022-11-14 03:04:06 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Febri Rahayu, NIM.: 08480076 title: UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PENDEKATAN “TANDUR” DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VB MI SULTAN AGUNG BABADAN BARU DEPOK SLEMAN ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Quantum Teaching, Pendekatan TANDUR, Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa, Pembelajaran IPS note: Pembimbing: H. Jauhar Hatta, M.Ag. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Pembelajaran Quantum Teaching Pendekatan TANDUR untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa di kelas VB MI Sultan Agung Babadan Baru Depok Sleman dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB yang berjumlah 22 siswa MI Sultan Agung Babadan Baru Depok Sleman. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan angket, observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan triangulasi. Hasil penelitian motivasi belajar siswa dengan penerapan pembelajaran Quantum Teaching Pendekatan TANDUR adalah: (1) Siswa senang dengan proses pembelajaran, 2) Siswa memiliki semangat yang tinggi terhadap materi, 3) Siswa betah berlama-lama dalam kelas. Motivasi belajar siswa juga meningkat dari hasil rata-rata perhitungan angket yaitu siklus I sebesar 72,15% dan Siklus II menjadi 82.32%. Peningkatan juga terlihat di semua aspek di tiap siklus yaitu: (1) Aspek Siswa senang dengan proses pembelajaran 73.75%, 81,90% (2) Aspek Siswa memilki semangat yang tinggi terhadap proses pembelajaran 72.70%, 83.53%, (3) Aspek siswa betah berlama-lama dalam kelas 70%, 81.54%. sedangkan hasil penelitian aktivitas belajar siswa adalah: (1) Kesiapan siswa dalam pembelajaran 69.16%, 84.52% (2) Aspek siswa bertanya kepada guru 65%, 77.38% (3) Aspek siswa mengemukakan pendapatnya 68.13%, 76.78% (4) Aspek Siswa bertanya kepada temannya 75%, 79% (5) Aspek siswa mampu mempertanyakan pendapat orang lain 68%, 73% (6) Aspek siswa berani bertanya dan berbuat 71%, 84%. Hasil tersebut menunjukkan bahwasannya penerapan pembelajaran Quantum Teaching pendekatan TANDUR dalam pembelajaran IPS kelas VB mengalami peningkatan yaitu di setiap siklusnya. date: 2012-07-04 date_type: published pages: 133 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Febri Rahayu, NIM.: 08480076 (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PENDEKATAN “TANDUR” DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VB MI SULTAN AGUNG BABADAN BARU DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55033/1/BSR087~Z.PDF document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55033/2/B5N0AT~L.PDF