%0 Thesis %9 Skripsi %A Fuji Esti, NIM.: 08470104 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2012 %F digilib:55037 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kedisiplinan, Waktu Belajar, Santri %P 97 %T DENGAN PRESTASI BELAJAR SANTRI KELAS XI DI MA PONDOK PESANTREN AN-NAWAWI BERJAN PURWOREJO JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55037/ %X Latar belakang penelitian ini adalah kesukaran siswa dalam mengatur pemakaian waktu belajar. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya keteraturan dan kedisiplinan siswa dalam memanfaatkan waktunya secara efisien. Bahkan bagi siswa yang juga mondok di pesantren, mereka malas mengikuti pendidikan di pondok karena merasa waktunya habis tersita jam sekolah. Kebiasaan siswa sekaligus santri tersebut, dapat dijumpai di lembaga pendidikan yang ada pesantrennya. Mereka kadang-kadang memilih tidak aktif dalam salah satu lembaga tersebut (pembelajaran di sekolah dan pembelajaran di pesantren). Bahkan prestasi yang mereka dapat juga tidak sesuai yang diharapkan. Permasalahan utama yang dibahas dalam penelitian ini adalah: “ bagaimana hubungan disiplin mengatur waktu dengan prestasi beajar santri kelas XI di MA Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan Purworejo Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012”. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui seberapa tinggi tingkat disiplin santri dalam mengatur waktu, ingin mengetahui seberapa baik prestasi belajar santri, ingin mengetahui adakah korelasi antara disiplin mengatur waktu dengan prestasi belajar santri kelas XI MA An- Nawawi Berjan Purworejo Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA An-Nawawi Berjan Purworejo Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 120 siswa. Sampel yang diambil 25 % dari populasi yaitu ada 30 siswa. Adapun model pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan random sampling atau purposive sampling dimaksudkan untuk mengambil data dari kelas XI yang mengikuti kegiatan pesantren dan sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisa data yang digunakan adalah uji korelasi product momen. Dari hasil penelitian diketahui bahwa (1) Tingkat kedisiplinan santri dalam mengatur waktu di MA An-Nawawi kelas XI secara umum cukup. Hasil menunjukan dalam kategori cukup yaitu 53,33% artinya secara umum santri masih cukup dalam mengatur waktu sehari-hari karena bisa dilihat persentase yang ada. (2) Prestasi belajar santri di MA An-Nawawi kelas XI dalam kategori cukup. Hal ini ditunjukkan dengan persentase sebesar 53,33 % yaitu dengan nilai rata-rata antara nilai 75,00-77,00. Artinya siswa Madrasah Aliyah An-Nawawi masih membutuhkan binaan untuk disiplin belajar. (3) Tidak ada korelasi yang signifikan antara hubungan disiplin mengatur waktu dengan prestasi belajar santri kelas XI di MA An-Nawawi diperoleh dengan memperhatikan besarnya rxy (yaitu= 0,210), yang besarnya berkisar antara 0,20 – 0,40 berarti korelasi positif antara variabel X dan variabel Y itu adalah termasuk korelasi yang lemah atau rendah. Besar koefisien determinasi r2 adalah 0,0441 (4,41 %), ini berarti bahwa variabel disiplin mengatur waktu memiliki kontribusi dalam memberikan hubungan terhadap dependen variabel yaitu prestasi belajar santri yang hanya 4,41 % dan sisanya yaitu 95,59 % dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel disiplin mengatur waktu. %Z Pembimbing: Drs.M.Jamroh Latief, M.Si