@phdthesis{digilib55038, month = {July}, title = {PENGARUH PENGUASAAN IQRA? TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 08420066 Hani Nurlaeli Wijayanti}, year = {2012}, note = {Pembimbing: Drs. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag}, keywords = {Pembelajaran Iqra?, Kemampuan Membaca, Bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55038/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penguasaan Iqra? terhadap kemampuan membaca bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri Gondowulung Bantul. Diasumsikan terdapat pengaruh yang signifikan, sebagaimana dirumuskan dalam hipotesis penelitian bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan Iqra? terhadap kemampuan membaca bahasa Arab siswa kelas VII MTs Gondowulung Bantul. Sampel yang diambil oleh peneliti berjumlah 88 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen, observasi, interview, dokumentasi, dan tes lisan. Instrument utama dalam penelitian ini berupa tes lisan. Validitas instrument menggunakan validitas isi atau content. Hasil perhitungan secara manual dari pengaruh penguasaan Iqra? terhadap kemampuan membaca bahasa Arab siswa, diperoleh t sebesar 5,65. Angka ini lebih besar dari pada t tabel baik pada taraf signifikansi 5\% yaitu 1,98, maupun pada taraf signifikansi 1\% yaitu 2,63 (1,98{\ensuremath{<}}5,65{\ensuremath{>}}2,63). Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan Iqra? terhadap kemampuan membaca siswa. Kesimpulannya adalah: 1) pembelajaran Iqra? di MTs Negeri Gondowulung sudah berlangsung lama dan rutin diadakan di MTs Negeri Gondowulung Bantul. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan Iqra? terhadap kemampuan membaca bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri Gondowulung Bantul, yaitu dengan harga t sebesar 5, 65 dimana harga tersebut lebih besar dari t tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.} }