eprintid: 55038 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/50/38 datestamp: 2022-11-14 03:24:17 lastmod: 2022-11-14 03:24:17 status_changed: 2022-11-14 03:24:17 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Hani Nurlaeli Wijayanti, NIM.: 08420066 title: PENGARUH PENGUASAAN IQRA’ TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012 ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Iqra’, Kemampuan Membaca, Bahasa Arab note: Pembimbing: Drs. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penguasaan Iqra’ terhadap kemampuan membaca bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri Gondowulung Bantul. Diasumsikan terdapat pengaruh yang signifikan, sebagaimana dirumuskan dalam hipotesis penelitian bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan Iqra’ terhadap kemampuan membaca bahasa Arab siswa kelas VII MTs Gondowulung Bantul. Sampel yang diambil oleh peneliti berjumlah 88 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen, observasi, interview, dokumentasi, dan tes lisan. Instrument utama dalam penelitian ini berupa tes lisan. Validitas instrument menggunakan validitas isi atau content. Hasil perhitungan secara manual dari pengaruh penguasaan Iqra’ terhadap kemampuan membaca bahasa Arab siswa, diperoleh t sebesar 5,65. Angka ini lebih besar dari pada t tabel baik pada taraf signifikansi 5% yaitu 1,98, maupun pada taraf signifikansi 1% yaitu 2,63 (1,98<5,65>2,63). Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan Iqra’ terhadap kemampuan membaca siswa. Kesimpulannya adalah: 1) pembelajaran Iqra’ di MTs Negeri Gondowulung sudah berlangsung lama dan rutin diadakan di MTs Negeri Gondowulung Bantul. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan Iqra’ terhadap kemampuan membaca bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri Gondowulung Bantul, yaitu dengan harga t sebesar 5, 65 dimana harga tersebut lebih besar dari t tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. date: 2012-07-23 date_type: published pages: 176 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Hani Nurlaeli Wijayanti, NIM.: 08420066 (2012) PENGARUH PENGUASAAN IQRA’ TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55038/1/BSR087~Z.PDF document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55038/2/B5N0AT~L.PDF