eprintid: 5504 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/55/04 datestamp: 2013-02-12 10:39:43 lastmod: 2016-03-01 05:03:03 status_changed: 2012-05-04 16:48:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: EKO YULIANTO - NIM. 05450027 , title: IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA POKOK MATERI SEL KELAS XI SMA ISLAM 3 SLEMAN ispublished: pub subjects: BB divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Cooperative Learning model Jigsaw note: Pembimbing: Drs. Paidi, M.Pd abstract: Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model jigsaw dalam proses pembelajaran biologi kelas XI IPA SMA ISLAM 3 Sleman pada materi sel dan jaringan. Siswa yang kurang aktif berpengaruh pada hasil belajar yang kurang. Antara lain dapat dilihat pada nilai ulangan harian dan LKS siswa yang masih kurang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dirasa masih kurang, proses pembelajaran ini menggunakan pendekatan kooperatif (Cooperatif Learning) model jigsaw. Dengan pembelajaran yang menggunakan pendekatan kooperatif model jigsaw ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) mengacu pada cooperative learning model jigsaw yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Pada prinsipnya dimaksudkan untuk mengatasi suatu permasalahan atau memperbaiki suatu pembelajaran di dalam kelas. Penelitian tindakan kelas ini mengambil bentuk penelitian tindakan kolaborasi, peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran biologi tergabung dalam suatu tim. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif di mana pengambilan data dilakukan secara alami dan data yang diperoleh adalah berupa kata-kata dan gambar. Instrumen yang digunakan antara lain; LKS, lembar observasi, angket, dokumentasi, pretest dan posttest, dan wawancara. Tehnik pengumpulan data antara lain : observasi, perencanaan, tindakan, monitoring, dan refleksi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data secara deskriptif kualitatif. Dari penelitian ini diperoleh hasil yang menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa khususnya di kelas XI SMA Islam 3 Sleman tahun ajaran 2009/2010. Peningkatan hasil belajar terlihat pada nilai rata-rata post-test pada siklus I yaitu 6,16 meningkat menjadi 7,28 pada siklus II, sehingga effect size yang diperoleh adalah 1,12. Sedangkan Peningkatan motivasi yang diamati melalui lembar angket mengalami peningkatan sebesar 71% pada siklus I menjadi 79,4% pada siklus II. Dengan demikian pembelajaran biologi dengan menggunakan pendekatan kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi khususnya di SMA Islam 3 Sleman. date: 2011-02-07 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-02-07 13:48:46 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ekoyuliant-5284-1-ekoyuli-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/106/digilib-uinsuka--ekoyuliant-5284-1-ekoyuli-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=5873 ; nama file lama : EKO YULIANTO - NIM. 05450027 IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA POKOK MATERI S ; format file : application/pdf ; besar file : 1134626 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: EKO YULIANTO - NIM. 05450027 , (2011) IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA POKOK MATERI SEL KELAS XI SMA ISLAM 3 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5504/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5504/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf