TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Nur Hamidi, M.A ID - digilib55040 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55040/ A1 - Happy Fajar Binawan, NIM.: 08410127 Y1 - 2012/04/05/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah Melihat realita yang terjadi saat ini banyak terjadi pencampuran adat budaya, seperti adat budaya Jawa yang sudah turun temurun ada seperti ndayakan, topeng ireng, jathilan yang sudah kehilangan nilai keaslianya. Seperti halnya pada budaya lokal yang diwariskan Sunan Kalijaga yakni sekaten di Yogyakarta, yaitu memperingati maulud Nabi Muhammad SAW sudah mulai pudar dikarenakan menjadi lahan bisnis dan pasar malam. Pergeseran budaya ini terjadi karena kurangnya perhatian dan menyayangi budaya lokal. Hal ini berimbas dalam pendidikan yakni sulitnya mengajarkan budaya lokal kepada murid karena kurangnya minat. Dengan meneliti nilai-nilai pendidikan Islam dalam ajaran topo ngeli Sunan Kalijaga. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu memberikan pedoma dan refensi tambahan bagi khasanah pendidikan Islam tentang kebudayaan lokal. Penelitian ini merupakan penelitian Kepustakaan ( Library Research ), dengan menggunakan pengumpulan data-data pustaka yang berhubungan dengan penelitian, data dapat berupa buku, suluk, artikel, tembang yang dapat menjelaskan pendidikan Islam yang diajarkan oleh Sunan Kalijaga dalam menyebarkan Islam. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analsis deskriptif kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam ajaran topo ngeli karya Sunan kalijaga adalah : Pendidikan Keimanan, Pendidikan Ahlak, dan Pendidikan Ibadah. (2) Relevansi ajaran topo ngeli karya Sunan Kalijaga dalam pendidikan agama Islam saat ini dapat dilihat dalam 3 aspek yakni : (a) Pelaksanaan pendidikan di Sekolah adalah nilai-nilai pendidikan Islam dalam ajaran topo ngeli Sunan Kalijaga yakni pendidikan ahlak, pendidikan iman, dan pendidikan Ibadah bagi guru dapat menjadi pedoman tambahan dalam mendidik murid agar menjadi lebih baik , sedangkan untuk murid menjadi dasar dalam mempelajari pendidikan agama Islam. hal ini dapat terwujud jika menggunakan pendekatan momong, momor, dan momot.(b) Pelaksanaan pendidikan di Keluarga yakni Peran keluarga dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam kepada anak sejak dini sangat penting demi terwujudnya ahlak anak yang soleh dan dapat membangakan orang tua. (c) Pelaksanaan pendidikan di Masyarakat yakni dalam menghadapi era modernisasi yang mengubah paradigma masyarakat dan kultur budaya dapat diatasi dengan menggunakan falsafah luku dan pacul, agar tecipta pemimpin yang diaati, dihormati, dan dicintai oleh masyarkatnya agar mesejahterakan masyarakat. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam KW - Sunan Kalijaga KW - Topo Ngeli M1 - skripsi TI - NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM AJARAN TOPO NGELI KARYA SUNAN KALIJAGA AV - restricted EP - 167 ER -