TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Ahmad Rodli M. Si ID - digilib55042 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55042/ A1 - Haviva, NIM.farab: 08420146 Y1 - 2012/05/16/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran iqra? dan bagaimana pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan membaca bahasa Arab siswa kelas VII MTsN Pakem Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah, analisis korelasi product moment yang kemudian dinterpretasikan dan diberi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran iqra? merupakan kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan satu kali dalam satu minggu dan diwajibkan bagi seluruh siswa kelas VII MTsN Pakem Yogyakarta. Dalam pelaksanaannya dibagi dalam dua tahap, yaitu tahapan Al-Qur?an dan tahapan iqra? di mana dalam setiap kelas mendapatkan satu guru pembimbing yang tugsanya untuk mengawasi, mengontrol, membimbing serta menilai kemampuan siswa dalam membaca buku panduan iqra. (2) pembelajaran iqra? sangat mempengaruhi terhadap peningkatan kemampuan membaca bahasa arab siswa kelas VII MTsN Pakem. Terbukti, dengan hasil angket, wawancara dan didukung dengan metode tes. Hasil perhitungan r PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran Iqra? KW - Kemampuan Membaca KW - Bahasa Arab M1 - skripsi TI - STUDI KORELASI PENGARUH PEMBELAJARAN IQRA? TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 108 ER -