<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KE-UMMIY-AN RASULULLAH PERSPEKTIF AL-JABIRI"^^ . "Buta huruf adalah sifat Rasul yang merupakan terjemahan dari kata\r\nummiy. Setelah sekian lama pemahaman ini menyebar serta menguasai zona\r\npemaknaan ummiy, beberapa ilmuan lain bertanya-tanya, akankah sosok Rasul\r\nyang cerdas di takdirkan untuk buta huruf?. Di sisi lain, beberapa oknum\r\nmenyerang al-Qur’an dengan meragukan otentisitasnya karena al-Qur’an\r\ndianggap jiplakan dari kitab sebelumnya. Ada juga yang menganggap adanya\r\nkesalahan penulisan yang dilakukan oleh para sahabat karena pada masa itu\r\ntulisan belum terdapat titik dan harakat. Oleh karenanya, penelitian seputar\r\nummiy menjadi sangat penting dilakukan karena hasilnya akan mengarah kesana.\r\nAl-Ja>biri> dipatok dalam pembahasan ini karena dia mempunyai hal baru yang\r\npatut disimak.\r\nPenelitian ini menggunakan metode deskreptif-analitis. Dengan\r\nmenggunakan Fahm al-Qur’a>n dan Madkhal ila> al-Qur’a>n al-Kari>m sebagai\r\nsumber primer, dan berbagai tulisan terkait tema ummiy dan sosok al-Jabiri>\r\nsebagai sumber sekunder. Tujuannya untuk mengungkap makna ummiy dalam\r\npandangan al-Ja>biri>. Sisi-sisi yang akan dicari adalah pada penggalian makna,\r\nlandasan berfikir dan juga implikasinya. Selain itu, penelitian juga akan melihat\r\npada pendapat ulama sebelumnya untuk membuktikan apakah al-Ja>biri>\r\nmempunyai pandangan baru terhadap pemahaman ummiy ataukah tidak\r\nHasil penelitian dalam tulisan ini menunjukan bahwa sepanjang sejarah,\r\nummiy diartikan dengan buta huruf, orang Arab, orang Makkah, puncak\r\nkesempurnaan ilmu, dan umat selain Ahli Kita>b. Oleh al-Ja>biri>, ummiy diartikan\r\nkaum selain Ahl Kita>b. Pemaknaan ini berlandaskan analisisnya secara mendetail\r\nmelalui ilmu kebahasaan dan ilmu sejarah yang ia temukan. Hasil pemaknaan\r\nummiy yang dilakukan oleh al-Ja>biri> tidak terlepas dari background-nya sebagai\r\npemikir peradaban. Ia berfikiran demikian agar proyek besarnya terdukung\r\ndengan adanya pemikirannya ini. Implikasi pemikiran ini kedepan berkaitan\r\ndengan sisi kemukjizatan dan otentisitas al-Qur’an. Adanya pendapat bahwa\r\nkebutahurufan Rasul yang dianggap suatu mukjizat ini kemudian dianggap suatu\r\nketidakadaan karena ummiy sendiri bukan dimaknai demikian oleh al-Ja>biri>.\r\nSedang kaitannya dengan otentisitas, maka bukti sejarah akan keotentikan al-\r\nQur’an menjadi lebih kuat karena secara otomatis penulisan al-Qur’an oleh para\r\nsekretaris Rasul dapat tertas}h}i>h} oleh keberadaan Rasul sebagai pengoreksi yang\r\ndapat membaca dan menulis dengan baik. Jika terdapat kesalahan ataupun\r\nkekurangan dalam penulisan sahabat, maka Rasul dapat membenarkannya secara\r\nlangsung."^^ . "2012-05-29" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 08530028"^^ . "Arif Sirojul Mustafid"^^ . "NIM.: 08530028 Arif Sirojul Mustafid"^^ . . . . . . "KE-UMMIY-AN RASULULLAH PERSPEKTIF AL-JABIRI (Text)"^^ . . . . . "BSB3US~M.PDF"^^ . . . "KE-UMMIY-AN RASULULLAH PERSPEKTIF AL-JABIRI (Text)"^^ . . . . . "KE-UMMIY-AN RASULULLAH PERSPEKTIF AL-JABIRI (Other)"^^ . . . . . . "KE-UMMIY-AN RASULULLAH PERSPEKTIF AL-JABIRI (Other)"^^ . . . . . . "KE-UMMIY-AN RASULULLAH PERSPEKTIF AL-JABIRI (Other)"^^ . . . . . . "KE-UMMIY-AN RASULULLAH PERSPEKTIF AL-JABIRI (Other)"^^ . . . . . . "KE-UMMIY-AN RASULULLAH PERSPEKTIF AL-JABIRI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KE-UMMIY-AN RASULULLAH PERSPEKTIF AL-JABIRI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KE-UMMIY-AN RASULULLAH PERSPEKTIF AL-JABIRI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KE-UMMIY-AN RASULULLAH PERSPEKTIF AL-JABIRI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #55068 \n\nKE-UMMIY-AN RASULULLAH PERSPEKTIF AL-JABIRI\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . . . "Islam dan Pemikiran" . .