%0 Thesis %9 Skripsi %A Riska Talia Punita, NIM.: 08520021 %B FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM %D 2012 %F digilib:55110 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pergeseran Simbol, Ritual Perkawinan, Orang Jawa %P 112 %T PERGESERAN SIMBOL RITUAL PERKAWINAN ORANG JAWA (STUDI TENTANG RITUAL PERKAWINAN ORANG JAWA DI DUSUN KARANG TENGAH, DESA NOGOTIRTO, KECAMATAN GAMPING, KABUPATEN SLEMAN, PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55110/ %X Ritual perkawinan orang Jawa memiliki nilai penting dalam kehidupan keluarga, terutama sebagai pertanda terbentuknya somah baru yang bertujuan untuk membentuk keluarga baru yang mandiri. Prosesi dan perangkat ritual perkawinan orang Jawa menjadi sistem simbol yang mengandung makna tentang harapan dalam membangun somah baru. Seiring dengan perkembangan zaman dan modernisasi, simbol perkawinan orang Jawa mengalami pergeseran. Skripsi ini bertujuan untuk menelusuri pergeseran simbol dan menganalisa penyebab terjadinya pergeseran simbol ritual perkawinan orang Jawa di dusun Karang Tengah, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Dalam mengkaji pergeseran simbol ritual perkawinan orang Jawa, penulis mengacu pada teori ritual Victor Turner, bahwa ritual adalah perilaku yang dilakukan tidak hanya sekedar rutinitas, melainkan atas dasar keyakinan religius. Oleh karena itu, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) melalui teknik etnopfotografi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah prosesual simbologi yang bertitik tolak pada simbol yang dapat menggerakkan tindakan sosial sehingga melalui pendekatan ini, dapat dilihat bagaimana masyarakat menjalankan, melanggar dan memanipulasi nilai penting yang diungkapkan melalui simbol ritual perkawinan orang Jawa. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa pergeseran simbol perkawinan orang Jawa di dusun Karang Tengah dapat digolongkan menjadi dua yaitu pergeseran simbol total dan sebagian. Pergeseran simbol total adalah pergeseran simbol ritual yang mengacu pada hilangnya seluruh simbol ritual baik prosesi, perangkat maupun maknanya. Sedangkan pergeseran simbol sebagian adalah pergeseran simbol yang tidak menghilangkan prosesi maupun perangkat namun mengubah makna simbol tersebut. Hal ini terjadi akibat adanya faktor agama, perubahan budaya masyarakat dan ekonomi. %Z Pembimbing: Dr. Moh. Soehada, S.Sos,. M.Hum