<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "BID’AH VERSI HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB RISALAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMA’AH (SEBUAH APLIKASI TEORI HERMENEUTIKA HANS-GEORG GADAMER)"^^ . "Skripsi ini berjudul “Bid’ah Versi Hasyim Asy’ari dalam Kitab Risalah Ahlu\r\nAl-sunnah Wa al-jama’ah, Sebuah Aplikasi Teori Hermeneutika Hans-George\r\nGadamer”. Topik ini penulis angkat, pertama karena ketertarikan penulis terhadap\r\nHasyim Asy’ari. Tokoh pendiri salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia,\r\nyang juga merupakan ulama, politikus, serta pejuang yang sangat berpengaruh bagi\r\nbanyak kalangan. Salah satu pemikirannya yang menarik adalah tentang tema bid’ah\r\nyang menjadi acuan bagi masyarakat NU serta menjadi satu identitas khas muslim\r\ntradisional yang tertuang dalam satu karyanya, Risalah Ahlu Al-sunnah Wa aljama’\r\nah. Maka, Penulis fokus pada pemikiran Hasyim Asy’ari tentang bid’ah serta\r\nlatar-latar belakang yang menjadi motif dari pemikirannya.\r\nPenelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitik dan pendekatan dari\r\nteorii hermeneutika yang digagas oleh Hans-George Gadamer. Teori yang disebut\r\nwirkungsgeschichtliches: Historically effected consciousness atau kesadaran\r\nketerpengaruhan oleh sejarah. Isi dari Teori ini, bahwa pemahaman seorang penafsir\r\natau pemikiran dari seseorang dipengaruhi oleh situasi hermeneutik atau pengalaman\r\nhermeneutis tertentu yang melingkupinya, baik itu berupa tradisi, kultur maupun\r\npengalaman hidup. Melalui teori ini, penulis ingin mengungkap dan menelusuri\r\npengalaman-pengalaman hermeneutik di belakang Hasyim Asy’ari yang berperan\r\ndibalik pemikirannya tentang bid’ah.\r\nKesimpulan yang penulis dapatkan dalam penelitian ini, antara lain bid’ah\r\ndalam perspektif Hasyim Asy’ari dalam kitabnya Risalah Ahlu Al-sunnah, adalah\r\npembaruan-pembaruan perkara agama yang seakan-akan merupakan bagian dari\r\nagama, baik dari sisi bentuk maupun Haqiqah-nya. Ia membagi menjadi 3, bid’ah\r\ns}arih (jelas), Id}afiyah (bid’ah yang disandarkan), dan bid’ah Khilafiyah. Adapun dari\r\nsegi hukumnya dibagi menjadi 5, antara lain bid’ah wajib, sunnah, haram, mandub,\r\ndan makruh. Dengan menggunakan teori wirkungsgeschichtliches terhadap pemikiran\r\nHasyim Asy’ari, penulis mendapatkan bahwa beberapa faktor history dari sekian\r\npengalaman hermeneutik Hasyim yang menjadi affective Histori dari pemikirannya di\r\nantaranya adalah beberapa faktor makro dan mikro, seperti kondisi wacana\r\ninternasional yang terjadi di Mekkah setelah menangnya Raja Sa’ud, maraknya\r\ngerakan pembaharu di tanah air, kondisi sosial masyarakat di tempat ia tumbuh, karir\r\nintelektual di pesantren-pesantren salaf, atau timur tengah, yang secara langsung dan\r\ntidak mewarnai laju pemikirannya yang bercorak tradisionalis dan sufistik. Karyanya\r\nRisalah Ahlu Al-sunnah tidak hanya menjadi sebuah karya tulisan yang semata\r\nberorientasi keilmuan dan keagamaan, melainkan juga sarat dengan muatan ideologis\r\ndan kepentingan tertentu, serta menjadi pengidentifikasian dan pembelaan diri\r\nsebagai muslim tradisionalis dari suara-suara yang bergejolak dari luar.\r\nSkripsi ini berjudul “Bid’ah Versi Hasyim Asy’ari dalam Kitab Risalah Ahlu\r\nAl-sunnah Wa al-jama’ah, Sebuah Aplikasi Teori Hermeneutika Hans-George\r\nGadamer”. Topik ini penulis angkat, pertama karena ketertarikan penulis terhadap\r\nHasyim Asy’ari. Tokoh pendiri salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia,\r\nyang juga merupakan ulama, politikus, serta pejuang yang sangat berpengaruh bagi\r\nbanyak kalangan. Salah satu pemikirannya yang menarik adalah tentang tema bid’ah\r\nyang menjadi acuan bagi masyarakat NU serta menjadi satu identitas khas muslim\r\ntradisional yang tertuang dalam satu karyanya, Risalah Ahlu Al-sunnah Wa aljama’\r\nah. Maka, Penulis fokus pada pemikiran Hasyim Asy’ari tentang bid’ah serta\r\nlatar-latar belakang yang menjadi motif dari pemikirannya.\r\nPenelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitik dan pendekatan dari\r\nteorii hermeneutika yang digagas oleh Hans-George Gadamer. Teori yang disebut\r\nwirkungsgeschichtliches: Historically effected consciousness atau kesadaran\r\nketerpengaruhan oleh sejarah. Isi dari Teori ini, bahwa pemahaman seorang penafsir\r\natau pemikiran dari seseorang dipengaruhi oleh situasi hermeneutik atau pengalaman\r\nhermeneutis tertentu yang melingkupinya, baik itu berupa tradisi, kultur maupun\r\npengalaman hidup. Melalui teori ini, penulis ingin mengungkap dan menelusuri\r\npengalaman-pengalaman hermeneutik di belakang Hasyim Asy’ari yang berperan\r\ndibalik pemikirannya tentang bid’ah.\r\nKesimpulan yang penulis dapatkan dalam penelitian ini, antara lain bid’ah\r\ndalam perspektif Hasyim Asy’ari dalam kitabnya Risalah Ahlu Al-sunnah, adalah\r\npembaruan-pembaruan perkara agama yang seakan-akan merupakan bagian dari\r\nagama, baik dari sisi bentuk maupun Haqiqah-nya. Ia membagi menjadi 3, bid’ah\r\ns}arih (jelas), Id}afiyah (bid’ah yang disandarkan), dan bid’ah Khilafiyah. Adapun dari\r\nsegi hukumnya dibagi menjadi 5, antara lain bid’ah wajib, sunnah, haram, mandub,\r\ndan makruh. Dengan menggunakan teori wirkungsgeschichtliches terhadap pemikiran\r\nHasyim Asy’ari, penulis mendapatkan bahwa beberapa faktor history dari sekian\r\npengalaman hermeneutik Hasyim yang menjadi affective Histori dari pemikirannya di\r\nantaranya adalah beberapa faktor makro dan mikro, seperti kondisi wacana\r\ninternasional yang terjadi di Mekkah setelah menangnya Raja Sa’ud, maraknya\r\ngerakan pembaharu di tanah air, kondisi sosial masyarakat di tempat ia tumbuh, karir\r\nintelektual di pesantren-pesantren salaf, atau timur tengah, yang secara langsung dan\r\ntidak mewarnai laju pemikirannya yang bercorak tradisionalis dan sufistik. Karyanya\r\nRisalah Ahlu Al-sunnah tidak hanya menjadi sebuah karya tulisan yang semata\r\nberorientasi keilmuan dan keagamaan, melainkan juga sarat dengan muatan ideologis\r\ndan kepentingan tertentu, serta menjadi pengidentifikasian dan pembelaan diri\r\nsebagai muslim tradisionalis dari suara-suara yang bergejolak dari luar."^^ . "2012-06-18" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 08530049"^^ . "Siti Rofi’ah"^^ . "NIM.: 08530049 Siti Rofi’ah"^^ . . . . . . "BID’AH VERSI HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB RISALAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMA’AH (SEBUAH APLIKASI TEORI HERMENEUTIKA HANS-GEORG GADAMER) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "BID’AH VERSI HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB RISALAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMA’AH (SEBUAH APLIKASI TEORI HERMENEUTIKA HANS-GEORG GADAMER) (Text)"^^ . . . . . "BID’AH VERSI HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB RISALAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMA’AH (SEBUAH APLIKASI TEORI HERMENEUTIKA HANS-GEORG GADAMER) (Other)"^^ . . . . . . "BID’AH VERSI HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB RISALAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMA’AH (SEBUAH APLIKASI TEORI HERMENEUTIKA HANS-GEORG GADAMER) (Other)"^^ . . . . . . "BID’AH VERSI HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB RISALAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMA’AH (SEBUAH APLIKASI TEORI HERMENEUTIKA HANS-GEORG GADAMER) (Other)"^^ . . . . . . "BID’AH VERSI HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB RISALAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMA’AH (SEBUAH APLIKASI TEORI HERMENEUTIKA HANS-GEORG GADAMER) (Other)"^^ . . . . . . "BID’AH VERSI HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB RISALAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMA’AH (SEBUAH APLIKASI TEORI HERMENEUTIKA HANS-GEORG GADAMER) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "BID’AH VERSI HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB RISALAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMA’AH (SEBUAH APLIKASI TEORI HERMENEUTIKA HANS-GEORG GADAMER) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "BID’AH VERSI HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB RISALAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMA’AH (SEBUAH APLIKASI TEORI HERMENEUTIKA HANS-GEORG GADAMER) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "BID’AH VERSI HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB RISALAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMA’AH (SEBUAH APLIKASI TEORI HERMENEUTIKA HANS-GEORG GADAMER) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #55112 \n\nBID’AH VERSI HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB RISALAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMA’AH (SEBUAH APLIKASI TEORI HERMENEUTIKA HANS-GEORG GADAMER)\n\n" . "text/html" . . . "Hermeneutika Al Qur'an" . .