eprintid: 55134 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/51/34 datestamp: 2022-11-17 03:48:06 lastmod: 2022-11-17 04:02:29 status_changed: 2022-11-17 03:48:06 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Rana Ulfa, NIM.: 15430067 title: PENGEMBANGAN HARDSKILL DAN SOFTSKILL GURU TK GUGUS 03 KAPANEWON JETIS DALAM PEMBELAJARAN “BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19” ispublished: pub subjects: c19 subjects: pen_anak divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Pengembangan Hardskill dan Softskill, Guru, Pembelajaran Belajar Dari Rumah (BDR) note: Pembimbing: Dr. Sigit Purnama, M.Pd. abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pengembangan keterampilan baik berupa hardskill maupun softskill akan memberikan manfaat yang besar bagi guru maupun anak didik. Terlebih dengan jaman yang semakin berkembang beserta dengan kondisinya yang terus berubah dan terkadang tidak dapat diprediksi (misalnya pandemi), guru harus terus mengembangkan keterampilan diri agar dapat beradaptasi. Seperti yang terjadi pada tahun 2021-2022 ini, dampak wabah pandemi covid-19 dirasa sangat besar mempengaruhi dunia pendidikan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan hardskill dan softskill guru TK gugus 03 Kapanewon Jetis dalam pembelajaran belajar dari rumah (BDR) selama masa pandemic covid-19. (2) apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan hardskill dan softskill guru TK gugus 03 Kapanewon Jetis dalam pembelajaran belajar dari rumah (BDR) selama masa pandemic covid-19. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilaksanakan dengan cara (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara (1) Reduksi Data, (2) Penyajian Data, (3) Kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan : (1) Pengembangan hard skill dan soft skill guru TK di Gugus Kapanewon Jetis dilakukan melalui keikutsertaan guru dalam berbagai kegiatan seminar dan pelatihan. (2) Faktor pendukung pengembangan pengembangan hard skill dan soft skill guru TK di Gugus Kapanewon Jetis meliputi informasi kegiatan, minat, dan kebutuhan akan pengetahuan. Faktor penghambat pengembangan pengembangan hard skill dan soft skill guru TK di Gugus Kapanewon Jetis adalah adanya keterbatasan waktu, biaya, dan kemampuan teknologi. date: 2022-08-16 date_type: published pages: 120 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Rana Ulfa, NIM.: 15430067 (2022) PENGEMBANGAN HARDSKILL DAN SOFTSKILL GURU TK GUGUS 03 KAPANEWON JETIS DALAM PEMBELAJARAN “BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55134/1/15430067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55134/2/15430067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf