TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Ibrahim,M.Pd. ID - digilib55137 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55137/ A1 - Rizqi Taufiqomah, NIM.: 15600015 Y1 - 2022/06/17/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis masalah pada materi Garis dan Sudut; 2) mengetahui respon ahli materi dan ahli media terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis masalah pada materi Garis dan Sudut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini terbatas sampai pada tahap Development. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar penilaian LKPD oleh ahli materi, ahli media dan guru. LKPD yang dikembangkan berbasis pada masalah dengan 5 langkah sistematis yaitu orientasi siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing pengalaman individual/kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan menganalisis serta mengevaluasi proses pemecahan masalah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penilitian ini adalah uji validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) total hasil penilaian kualitas LKPD matematika berbasis masalah dari keempat ahli adalah 809 dengan rata-rata 202,25 yang menunjukkan bahwa LKPD matematika berbasis masalah pada materi Garis dan Sudut termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase keidealannya 84,3%; 2) LKPD matematika berbasis masalah pada materi Garis dan Sudut layak digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa SMP/MTs. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) KW - Pembelajaran Berbasis Masalah KW - Model ADDIE M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA BERBASIS MASALAH PADA MATERI GARIS DAN SUDUT AV - restricted EP - 311 ER -