TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. H. Syafiq Mahmadah Hanafi, M.Ag. dan M. Kurnia Rahman Abadi, S.E., M.M. ID - digilib55180 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55180/ A1 - Sof Chal Jamiil, NIM.: 07390020 Y1 - 2012/01/19/ N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bisnis PT. Bank BRISyariah Cabang Yogya dalam penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) maupun penyaluran pembiayaannya pada segmen consumer, menganalisis kekuatan dan kelemahan sumber daya yang dipergunakan untuk mendukung strategi PT. Bank BRISyariah serta potensi, peluang dan ancaman dalam menghadapi pesaing. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif (Descriptive research) dengan menggunakan analisis data kualitatif (analisis non statistika), dimana data yang dikumpulkan berupa data primer yang diperoleh secara langsung melalui wawancara dan data sekunder berupa data pendukung dari berbagai sumber publikasi. Penelitian ini menganalisis lingkungan eksternal dan internal dengan menggunakan alat analisis SWOT, Key Success Factors, Porter?s Five Forces, Strategic Group Mapping dan Five Generics Competitive Strategy. Hasil analisis penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi bisnis yang diterapkan oleh PT Bank BRISyariah cabang Yogya saat ini yaitu Low Cost Provider Strategy ternyata cukup efektif. Keunggulan PT BRISyariah seperti rasio dana murah yang tinggi, ditambah kerjasama dengan institusi, lembaga dan beberapa perguruan tinggi di Yogya serta penerapan prinsip risk management yang baik dalam hal penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) maupun pada penyaluran pembiayaannya menjadi faktor yang sangat menentukan dalam menghadapi persaingan bisnis di masa yang akan datang. Namun, untuk menjadi market leader PT. Bank BRISyariah perlu segera meningkatkan kualitas pelayanan, mengembangkan produk, memperbanyak kantor jaringan di Yogya dan mengejar ketertinggalan teknologi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Strategi Bisnis KW - Pembiayaan KW - Dana Pihak Ketiga (DPK) KW - Segmen Consumer M1 - skripsi TI - STRATEGI BISNIS PEMBIAYAAN DAN PENGHIMPUNAN DANA PIHAK KETIGA SEGMEN CONSUMER (STUDI KASUS DI BRISYARIAH CABANG YOGYAKARTA) AV - restricted EP - 131 ER -