eprintid: 5520 rev_number: 25 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/55/20 datestamp: 2013-03-26 09:44:21 lastmod: 2015-10-13 02:31:55 status_changed: 2012-05-04 16:48:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUR AROFAH - NIM. 06140066, title: PENGARUH KETERSEDIAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN TERHADP PROSES BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA III ispublished: pub subjects: IA divisions: jur_ipis1 full_text_status: restricted keywords: ketersediaan koleksi, belajar mandiri. note: Pembimbing: Hj.Sri Rumani, SH.,Sip., M.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketersediaan koleksi perpustakaan terhadap proses belajar mandiri siswa MAN Yogyakarta III. Penelitian ini termasuk penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian yaitu variabel ketersediaan koleksi perpustakaan (variabel independen) dan belajar mandiri (variabel dependen). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dengan analisis kuantitatif regresi linear sederhana. Data diolah dengan program SPSS version 17 for windows. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh antara ketersediaan koleksi perpustakaan terhadap belajar mandiri siswa. Hal ini bisa dilihat dari korelasi antara variabel X (ketersediaan koleksi perpustakaan) dan variuabel Y (belajar mandiri) yang bertanda positif dengan nilai R square (R2) atau Koefisien determinasinya adalah 0,331. Sedangkan pengaruh ketersediaan koleksi perpustakaan terhadap proses belajar mandiri siswa MAN Yogyakarta III adalah positif dan signifikan. Hal ini berdasarkan pada nilai Thitung yang besarnya 4.451 yang lebih besar dari t tabel 1,694 dan dapat dibentuk persamaan regresi sebagai berikut Y = 13,647+0,676X. Hal ini berarti bahwa variabel ketersediaan koleksi perpustakaan dapat menjelaskan variabel belajar mandiri sebesar 33,1%. Semakin banyak koleksi perpustakaan yang disediakan, diperpustakaan MAN Yogyakarta maka minat siswa untuk melaksanakan belajar mandiri akan semakin meningkat. Dari kegiatan peneliti yang sudah dilakukan peneliti, maka peneliti memberikan saran agar diadakan telaah lebih lanjut dengan faktor-faktor lain yang mempengaruhi siswa dalam belajar mandiri. date: 2011-02-08 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Adab thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-02-08 15:16:33 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nurarofahn-5300-1-nurarof-i.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/106/digilib-uinsuka--nurarofahn-5300-1-nurarof-i.pdf ; url download server lama : /download.php?id=5890 ; nama file lama : NUR AROFAH NIM. 06140066 - PENGARUH KETERSEDIAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN TERHADP PROSES BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA III.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1055052 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: NUR AROFAH - NIM. 06140066, (2011) PENGARUH KETERSEDIAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN TERHADP PROSES BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA III. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5520/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5520/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf