TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. H. Sedya Santosa, SS,.M.Pd ID - digilib55207 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55207/ A1 - Ujang Saepul Hamdi, NIM.: 07410119 Y1 - 2011/12/14/ N2 - Latar belakang penelitian ini, adanya demoralisasi sosial yang muncul akhir-akhir ini sehingga cukup menghawatirkan, fenomena kekerasan, pemaksaan kebijaksanaan pada setiap lini institusi, manipulasi informasi, pemaksaan kehendak satu kelompok terhadap kelompok lain. Ironisnya pembentukkan moral dan karakter kurang begitu dipahami sebagai sesuatu yang urgen bagi kemajuan bangsa. Buktinya adalah sistem pendidikan yang sekarang ini lebih berorientasi pada pengembangan otak kiri (kognitif) dan kurang memperhatikan otak kanan (rasa, empati, afektif) sehingga membentuk generasi yang berintelektualitas tinggi akan tetapi memiliki karakter kurang baik. Untuk itu hal yang dapat dilakukan dengan menyarikan nilai-nilai pendidikan karakter. Salah satu yang dapat dilakukan dalam pendidikan karakter adalah penggalian nilai-nilai kearifan lokal. Salah satunya melalui tembang-tembang macapat yang telah terkenal memiliki pesan dan nilai kehidupan yang agung. Pengintegrasian nilai-nilai di dalamnya dalam pendidikan di Indonesia akan membuat anak didik memiliki karakter sekaligus menunjukkan kepribadian bangsa. Hal tersebut akan membuat keluaran pendidikan Indonesia memiliki kompetensi yang cukup, bukan hanya dalam kecerdasan kognitif, melainkan juga kecerdasan emosi. Guru sebagai pendidik dan pengajar memiliki peran penting dalam pelaksanaan pendidikan karakter tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan mengambil : Serat Wedhatama karya KGPAA Mangkunegara IV. Pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan hermeunetik. Pendekatan ini punulis gunakan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter islami yang ada dalam Serat Wedhatama tersebut. Pengumpulan data melalui dokumentasi, yaitu melalui benda-benda tertulis berupa buku-buku, majalah, dokumen, arsip, internet dan seebagainya yang dapat mendukung kajian penelitian. Analisis data yang digunakan dengan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Serat Wedhatama terkandung nilainilai pendidikan karakter yang dikategorikan ke dalam nilai pendidikan karakter terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Nabi-Nya, Nilai pendidikan karakter terhadap diri sendiri, Nilai pendidikan karakter kepada sesama. Nilai pendidikan karakter terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Nabinya lebih menonjolkan dengan sifat keagamaannya . Hal itu tampak dengan diajarkannnya catur sembah, yaitu sembah raga, cipta, jiwa, dan rasa. Nilai pendidikan karakter terhadap diri sendiri lebih menekankan pada pembentukan karakter berupa pengembangan emosionalitas dan spiritualitas. dan nilai pendidikan karakter terhadap sesama/masyarakat. Nilai pendidikan karakter kepada sesama lebih menekankan pada sikap rendah hati dan penghormatan terhadap orang lain serta lingkungan sosial. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Serat Wedhatama KW - Pendidikan Karakter KW - Pendidikan Agama Islam M1 - skripsi TI - NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DALAM SERAT WEDHATAMA AV - restricted EP - 138 ER -