eprintid: 55228 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/52/28 datestamp: 2022-11-28 08:01:12 lastmod: 2022-11-28 08:01:12 status_changed: 2022-11-28 08:01:12 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Yuli Lestari, NIM.: 08410169 title: PENERAPAN MEDIA KOMIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATERI TARIKH ISLAM KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BLEBER PRAMBANAN ispublished: pub subjects: isl_pend subjects: med_pemb divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Media Pembelajaran, Minat Belajar, Materi Tarikh Islam note: Pembimbing: Drs. Rofik M.Ag abstract: Latar Belakang penelitian ini adalah adanya kesulitan guru dalam meningkatkan minat belajar materi Tarikh Islam siswa kelasa IV SD Muhammadiyah Bleber karena keterbatasan media sehingga pembelajaran berlangsung kurang efektif membuat minat siswa kurang, bosan, dan tidak semangat. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana minat belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bleber Prambanan pada materi Tarikh Islam sebelum penerapan media komik, ketika penerapan media komik, dan setelah menerapkan media komik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara rinci tentang minat belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bleber Prambanan pada pembelajaran materi Tarikh Islam sebelum, ketika, dan setelah menerapkan media komik. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK), dengan mengambil latar SD Muhammadiyah Bleber Prambanan. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan : Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan oleh peneliti dengan menerapkan media komik, minat belajar materi Tarikh Islam kelas IV SD Muhammmadiyah Bleber mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari setiap aspek yaitu: Aspek perasaan senang siswa terhadap pembelajaran mengalami peningkatan skor pada siklus I 91,25, siklus II 95,2, dan siklus III 96,4. Aspek ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan dengan skor pada siklus I 86,4, siklus II 91,6, dan siklus III mengalami peningkatan menjadi 92,8. Aspek perhatian dan antusias siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dengan skor pada siklus I 79,6, siklus II 83, dan siklus III mengalami peningkatan menjadi 91,4. Aspek keterlibatan siswa terhadap mata pelajaran mengalami peningkatan dengan skor pada siklus I 84.4, siklus II 87.2, dan siklus III mengalami peningkatan menjadi 93.8. date: 2012-01-16 date_type: published pages: 148 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Yuli Lestari, NIM.: 08410169 (2012) PENERAPAN MEDIA KOMIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATERI TARIKH ISLAM KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BLEBER PRAMBANAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55228/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55228/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf