@phdthesis{digilib55233, month = {January}, title = {PENGARUH MEDIA FLASH CARD UNTUK PENINGKATAN PERBENDAHARAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII A MTs MUHAMMADIYAH 07 KLEGO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2011/2012}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 08420020 Widi Astuti}, year = {2012}, note = {Pembimbing: Drs. H. Zainal Arifin Ahmad M, Ag}, keywords = {Media Pembelajaran, Perbendaharaan Kosakata Bahasa Arab, Flash Card}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55233/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh media flash card untuk peningkatkan perbendaharaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII A MTs Muhammadiyah 07 Klego Boyolali. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang pengaruh media flash card untuk peningkatan perbendaharaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII A MTs Muhammadiyah 07 Klego Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Classroom Action Research/ penelitian tindakan kelas. Dengan metode penelitian kuantitatif menggunakan statistika deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas instrumen tes menunjukkan seluruh item soal valid. Dan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar .716 dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menujukkan bahwa media flash card memiliki pengaruh yang signifikan untuk peningkatan perbendaharaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII A MTs Muhammadiyah 07 Klego Boyolali, dibuktikan dengan nilai rata-rata post-test pada peningkatan perbendaharaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII A MTs Muhammadiyah 07 Klego Boyolali sebesar 9.17. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas VII A MTs Muhammadiyah 07 Klego Boyolali sebesar 6.25. Dan selisih peningkatan nilai post-test dan nilai pre-test pada kelas tersebut sebesar 9.17 - 6.25 = 2.92. Dan dari hasil perhitungan dengan menggunakan analisis uji-t menunjukkan nilai thitung 5.160 dengan signifikan 2-tailed 0.000 kurang dari taraf 5\%, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa media flash card mempunyai pengaruh yang signifikan untuk peningkatan perbendaharaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII A MTs Muhammadiyah 07 Klego Boyolali.} }