%A NIM.: 08470049 Siti Maspuah Fitrianingsih %O Pembimbing: Rinduan Zain, S. Ag., M. A. %T KONTRIBUSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2011/2012 DI SMA NEGERI 3 BANTUL YOGYAKARTA %X Latar belakang penelitian ini adalah mulai banyaknya kritik yang terjadi di dunia pendidikan, karena Ujian Nasional (UN) dirasa tidak sejalan dengan tujuan pendidikan nasional di Indonesia. Banyaknya kekerasan, dekadensi moral dan rusaknya pergaulan siswa yang kian menjadi sorotan publik, disinyalir merupakan suatu wujud kegagalan pendidikan, khususnya pendidikan agama dalam menanamkan dan menginternalisasikan pendidikan moral, akhlak dan karakter serta nasionalis bangsa kepada para siswa. Maka dari itu, dimunculkanlah suatu trobosan baru dalam dunia pendidikan yang kini marak dengan sebutannya sebagai pendidikan karakter dan budaya bangsa. Pendidikan karakter dipilih untuk segera diterapkan dengan harapan mampu membantu memperbaiki dekadensi moral serta mampu meningkatkan prestasi anak bangsa, khususnya para siswa. Dengan adanya trobosan ini, maka peneliti merasa penting untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mencari informasi mengenai kontribusi dari penerapan pendidikan karakter dan budaya bangsa ini terhadap prestasi siswa, khususnya prestasi kognitif. Sehingga perumusan tujuan dari penelitian ini adalah; (1) mengetahui seberapa tinggi karakter disiplin dan kerja keras siswa di SMA Negeri 3 Bantul yang menjadi independen variabel, (2) mengetahui seberapa tinggi prestasi belajar yang dicapai sebagai dependen variabelnya, dan (3) jika terbukti terdapat kontribusi antara variable independen terhadap variable dependen, maka dicari besar kecilnya nilai kontribusi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan datanya diperoleh dari angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan melalui bantuan SPSS, dengan menghitung frequency, crosstabulation, correlation dan regression. Kemudian dilanjutkan dengan penyajian data, perbandingan hasil penelitian dengan telah pustaka yang ada, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) disiplin dan kerja keras siswa di SMA Negeri 3 Bantul, mayoritas berada pada level sedang dan tinggi, (2) prestasi belajar dari mayoritas siswa di SMA Negeri 3 Bantul juga berada pada level sedang dan tinggi, (3) tidak ada hubungan atau kontribusi yang signifikan antara karakter disiplin dan kerja keras dengan prestasi raport yang didapat. Itu artinya Ho dalam penelitian ini diterima, sehingga Ha ditolak. %K Pendidikan Karakter, Prestasi Belajar, Pendidikan Nasional %D 2012 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib55236