eprintid: 55238 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/52/38 datestamp: 2022-11-29 01:30:20 lastmod: 2022-11-29 01:30:20 status_changed: 2022-11-29 01:30:20 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Yunia Rahmawati, NIM.: 08480030 title: PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IVA MIN SAMBENG NGAWEN GUNUNGKIDUL ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Matematika MI, Prestasi Belajar, Learning Tournament note: Pembimbing: Drs. Nur Hidayat, M.Ag. abstract: Prestasi belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti intelegensi, minat, sikap, dan motivasi.MIN Sambeng merupakan salah satu madrasah yang terletak di Kecamatan Ngawen Gunungkidul. Pembelajaran matematika di MIN tersebut, masih belum memuaskan, terutama pada prestasi belajar siswa, khususnya siswa kelas IV A. Siswa kelas IV A terdiri atas 21 siswa, yang terdiri atas 14 siswa putera, dan 7 siswa puteri. Prestasi belajar matematika pada kelas tersebut, tergolong paling rendah dibandingkan dengan kelas dan jenjang yang lain. Dari 21 siswa yang terdapat di kelas IV A, ada 4 siswa yang merupakan siswa yang tidak naik kelas, dan ada salah satu siswa yang belum lancar membaca.Sebagian besar siswa mendapatkan nilai di bawah KKM yang telah ditentukan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas IV A MIN Sambeng Ngawen Gunungkidul sebelum penerapan metode pembelajaran aktif tipe learning tournament?, (2) Bagaimana proses atau tahapan–tahapan penggunaan model pembelajaran learning tournament, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika di MIN Sambeng Ngawen Gunungkidul?, (3) Apakah dengan penerapan model pembelajaran aktif tipe learning tournament dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV A MIN Sambeng Ngawen Gunungkidul?. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research), dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV A MIN Sambeng Ngawen Gunungkidul tahun pelajaran 2011/2012. Pengumpulan data, dilakukan dengan beberapa metode, antara lain; Lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan lembar kerja atau evaluasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif. Data kuantitatif (nilai hasil belajar siswa) dapat dianalisis secara deskriptif. Dalam hal ini, peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif.Adapun kegiatan penelitian yang dilakukan ialah perencanaan tindakan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan ialah nilai rata-rata dari pra tindakan hingga pelaksanaan siklus II selalu mengalami peningkatan, pada saat pra tindakan, nilai rata-rata pre tes 35,24, pada saat post tes 43,81. Sedangkan pada pelaksanaan siklus I, nilai rata-rata pre tes 52,38 dan nilai rata-rata post tes menjadi 63,81. Sedangkan pada pelaksanaan siklus II, nilai rata-rata pre tes meningkat menjadi 68,57 dan meningkat lagi pada saat post tes menjadi 74, 29. Prosentase keberhasilan siswa dalam mengerjakan post tes juga selalu mengalami kenaikan, yaitu pada saat pra tindakan siswa yang tuntas sebesar 57,14%, siklus I meningkat menjadi 76,19%, dan siklus II kembali meningkat menjadi 80,95%. date: 2012-03-02 date_type: published pages: 220 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Yunia Rahmawati, NIM.: 08480030 (2012) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IVA MIN SAMBENG NGAWEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55238/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55238/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf