eprintid: 55246 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/52/46 datestamp: 2022-11-29 02:22:25 lastmod: 2022-11-29 02:22:25 status_changed: 2022-11-29 02:22:25 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Siti Farichatut Diniyah, NIM.: 09411169 title: PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR DIAM PADA SISWA KELAS B DI BA AISYIYAH SUDIMORO I SRUMBUNG ispublished: pub subjects: P subjects: med_pemb divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kemampuan Motorik, Media Gambar Diam, Kegiatan Pembelajaran note: Pembimbing: Dr, Karwadi, MPd abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam kegiatan pembelajaran di BA Aisyiyah Sudimoro I Srumbung pada kelas B masih kurang variatif dalam menggunakan media pembelajaran sehingga kemampuan motorik halus anak kurang maksimal. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskipsikan pemanfaatan media gambar diam dan peningkatan kemampuan motorik halus anak pada kelas B setelah media tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar BA Aisyiyah Sudimoro I Srumbung. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik tringgulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan . (1) pemanfaatan media gambar diam dalam kegiatan pembelajaran di kelas B BA Aisyiyah Sudimoro I Srumbung dilaksanakan dalam tiga siklus. Secara keseluruhan pelaksanaan tindakan berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana yang telah disusun dan dilakukan refleksi di setiap siklusnya. Terjadi perubahan perilaku peserta didik secara bertahap dalam kegiatan pembelajaran. 2) peningkatan kemampuan motorik halus peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan pemanfaatan media gambar diam cukup signifikan. Peningkatan kemampuan motorik halus anak terlihat pada penjelasan guru dalam kegiatan yang diberikan, menjawab pertanyaan, antusiasme dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan, kemampuan mengerjakan tugas dan perasaan senang berharap kegiatan yang diberikan serta mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik. Kemampuan motorik halus anak terlihat dari observasi siklus pra tindakan dari jumlah 16 siswa sebagian kecil siswa mengikuti kegiatan dan mengerjakan tugas yang diberikan. Pada siklus I dari jumlah siswa 16 siswa, hampir separuh siswa mengikuti kegatan dan mengerjakan tugas yang diberikan, pada siklus II dari jumlah siswa 16 siswa terlihat separuh lebih siswa mengikuti kegiatan dan siklus III hampir semua siswa antusias dan aktif mengikuti kegiatan dan mengerjakan tugas yang diberikan. date: 2011-12-14 date_type: published pages: 124 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Siti Farichatut Diniyah, NIM.: 09411169 (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR DIAM PADA SISWA KELAS B DI BA AISYIYAH SUDIMORO I SRUMBUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55246/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55246/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf