eprintid: 55261 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/52/61 datestamp: 2022-11-29 04:36:09 lastmod: 2022-11-29 04:36:21 status_changed: 2022-11-29 04:36:09 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Sri Mulatsih, NIM.: 09481122 title: UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE JARIMATIKA PADA SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH SAWANGAN MAGELANG ispublished: pub subjects: Matematika subjects: met_pemb divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Metode Pembelajaran, Prwestasi Siswa, Proses Pembelajaran note: Pembimbing: Dra. Hj. Sri Sumarni, M.Pd. abstract: belakang masalah penelitian ini adalah siswa selama pembelajaran matematika di MI Muhammadiyah Sawangan masih mengalami kesulitan terutama dalam memahami konsep matematika pada perkalian bilangan asli. Sedangkan permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana prestasi belajar siswa sebelum diterapkan metode Jarimatika, bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui metode Jarimatika, dan bagaimana perbandingan prestasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah diterapkan metode jarimatika. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis peningkatan prestasi belajar siswa kelas III di MI Sawangan Magelang dalam pembelajaran matematika sebelum dan sesudah diterapkan metode Jarimatika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan mengambil latar MI Muhammadiyah Sawangan, Kabupaten Magelang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa kelas III MI Muhammadiyah Sawangan pada pembelajaran matematika materi perkalian bilangan asli. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata dan ketuntasan belajar dari sebelum dilakukan tindakan sampai setelah tindakan. Pada tahap pra siklus diperoleh rata-rata 62,92 dengan 8 anak masih belum tuntas. Pada tahap siklus I pada pertemuan 1 rata-ratanya 66,25 menjadi meningkat pada pertemuan 2 yaitu 70, serta ketuntasan belajar siswa meningkat dari 4 siswa belum tuntas menjadi 2 siswa yang belum tuntas. Pada tahap siklus II diperoleh rata-rata 75 pertemuan 1 dan 76,25 pertemuan 2. Pada siklus II ini ketuntasan belajar siswa diperoleh 100%, yang artinya semua asiswa tuntas belajar. date: 2011-12-04 date_type: published pages: 148 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Sri Mulatsih, NIM.: 09481122 (2011) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE JARIMATIKA PADA SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH SAWANGAN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55261/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55261/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf