TY - THES N1 - Pembimbing: Dra. Endang Sulistyowati, M.Si ID - digilib55262 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55262/ A1 - Sri Hadiati, NIM.: 09481121 Y1 - 2011/12/04/ N2 - Latar belakan masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran matematika pada kelas IV di MI Muhammadiyah Tirtosari Sawangan masih belum efektif. Pada saat proses pembelajaran saat guru menjelaskan, suasana kelas nampak pasif. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan mendiskripsikan prestasi belajar siswa matematika siswa kelas IV MI Muhammadiyah Tirtosari Sawangan melalui metode demonstrasi dan diskusi setelah strategi tersebut di terapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Muhammadiyah Tirtosari Sawangan Tahun Pelajaran 201/2012. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, angket siswa wawancara, demonstrasi dan tes. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun urutan penelitian mencakup: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode demonstrasi dan diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Tirtosari Sawangan. Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata siklus I 71 ketuntasan mencapai 71% dan nilai rata-rata siklus II 85 ketuntasan mencapai 85%. Dengan demikian prestasi belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Metode Pembelajaran KW - Mata Pelajaran Matematika KW - Prestasi Belajar M1 - skripsi TI - UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN DISKUSI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH TIRTOSARI SAWANGAN AV - restricted EP - 143 ER -