eprintid: 55262 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/52/62 datestamp: 2022-11-29 04:32:32 lastmod: 2022-11-29 04:32:32 status_changed: 2022-11-29 04:32:32 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Sri Hadiati, NIM.: 09481121 title: UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN DISKUSI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH TIRTOSARI SAWANGAN ispublished: pub subjects: Matematika subjects: met_pemb divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Metode Pembelajaran, Mata Pelajaran Matematika, Prestasi Belajar note: Pembimbing: Dra. Endang Sulistyowati, M.Si abstract: Latar belakan masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran matematika pada kelas IV di MI Muhammadiyah Tirtosari Sawangan masih belum efektif. Pada saat proses pembelajaran saat guru menjelaskan, suasana kelas nampak pasif. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan mendiskripsikan prestasi belajar siswa matematika siswa kelas IV MI Muhammadiyah Tirtosari Sawangan melalui metode demonstrasi dan diskusi setelah strategi tersebut di terapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Muhammadiyah Tirtosari Sawangan Tahun Pelajaran 201/2012. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, angket siswa wawancara, demonstrasi dan tes. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun urutan penelitian mencakup: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode demonstrasi dan diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Tirtosari Sawangan. Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata siklus I 71 ketuntasan mencapai 71% dan nilai rata-rata siklus II 85 ketuntasan mencapai 85%. Dengan demikian prestasi belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. date: 2011-12-04 date_type: published pages: 143 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Sri Hadiati, NIM.: 09481121 (2011) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN DISKUSI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH TIRTOSARI SAWANGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55262/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55262/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf