eprintid: 55267 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/52/67 datestamp: 2022-11-29 07:00:55 lastmod: 2022-11-29 07:00:55 status_changed: 2022-11-29 07:00:55 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Warsono, NIM.: 09481123 title: PENERAPAN STRATEGI CARD SORT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AL-QUR’AN HADIS SISWA KELAS III MI SUNAN KALIJOGO TEMPURAN MAGELANG TAHUN 2011 ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: qh divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Strategi Pembelajaran, Card Sort. Minat Belajar note: Pembimbing: Drs. Suismanto, M.Ag. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana minat siswa dalam belajar Al-Qur’an Hadis dengan penerapan strategi Card Sort di kelas III MI Sunan Kalijogo Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang Tahun 2011. Manfaat penelitian ini yakni untuk membantu siswa dalam proses belajar mengajar yang berhubungan dengan minat khususnya di kelas III MI Sunan Kalijogo Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang serta dapat untuk menentukan langkah yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode field research yaitu research yang dilakukan di lapangan/kancah atau di medan tempat terjadinya gejala dengan teknik analisis diskriptif kualitatif. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif. Kendati hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa dalam belajar Al-Qur’an Hadis khususnya pada siswa kelas III MI Sunan Kalijogo Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang meskipun belum optimal tapi sudah dapat dikatakan baik, karena yang namanya minat bersifat abstrak. Terbukti di kelas III MI Sunan Kalijogo Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang dari jumlah siswa 17 anak hanya sebagian kecil siswa yang minatnya kurang dalam belajar Al-Qur’an Hadis dengan alasan latar belakang siswa yang relatif sama yaitu belum lancar dalam membaca ayat/surat Al-Qur’an. Kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas III MI Sunan Kalijogo Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis sudah disesuaikan dengan teori yaitu seorang guru Al-Qur’an Hadis di MI Sunan Kalijogo berusaha untuk memotivasi, mendorong dan memperhatikan siswa yang kurang berminat dalam belajar Al-Qur’an Hadis. Adapun upaya yang dilakukan yaitu: a) Memberikan materi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan peserta didik. b) Memberikan strategi dan metode yang bervariasi. c) Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk memperoleh hasil yang baik dengan cara memberi dan/atau menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga tercapai proses belajar mengajar yang diinginkan. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis berharap akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pendidik, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uneversitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta date: 2011-12-13 date_type: published pages: 165 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Warsono, NIM.: 09481123 (2011) PENERAPAN STRATEGI CARD SORT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AL-QUR’AN HADIS SISWA KELAS III MI SUNAN KALIJOGO TEMPURAN MAGELANG TAHUN 2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55267/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55267/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf