eprintid: 55268 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/52/68 datestamp: 2022-11-29 07:04:14 lastmod: 2022-11-29 07:04:14 status_changed: 2022-11-29 07:04:14 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Siti Istikomah, NIM.: 09481143 title: PENERAPAN STRATEGI ACTING OUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI MA’ARIF WONOLELO SAWANGAN MAGELANG ispublished: pub subjects: met_pemb divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran IPA, Strategi Acting Out, Hasil Belajar note: Pembimbing: Siti Fathonah, M.Pd. abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran IPA pada kelas V MI Ma’arif Wonolelo Sawangan Magelang masih belum menggunakan strategi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia. Untuk ini perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi acting out (bermain peran) dalam proses pembelajaran kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Wonolelo Sawangan Magelang pada materi pokok sistem peredaran darah pada manusia. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas V MI Ma’arif Wonolelo Sawangan Magelang . Populasi penelitian adalah semua siswa kelas V MI Ma’arif Wonolelo Sawangan Magelang yang terdiri dari 25 siswa. Penerapan strategi dilaksanakan pada kelas tersebut dalam 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal pre test dan post test untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa. Analisis data untuk data hasil belajar siswa diperoleh dari pre test dan post test dianalisis dengan effect size, yaitu selisih antara rerata post test siklus II dengan rerata post test siklus I Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata post test siklus I adalah 7,6 sedangkan rerata post test siklus II adalah 7,7 sehingga effect sizenya sebesar 0.1. Dengan demikian, hasil belajar siswa pada prakteknya dapat meningkat dalam pembelajaran dengan menerapkan strategi acting out (bermain peran), hal ini dapat dilihat dari effect sizenya yaitu 0,1 dari basis nilai pada penelitian ini yaitu 10. date: 2011-12-11 date_type: published pages: 156 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Siti Istikomah, NIM.: 09481143 (2011) PENERAPAN STRATEGI ACTING OUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI MA’ARIF WONOLELO SAWANGAN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55268/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55268/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf