TY - THES N1 - Pembimbing: Eva Latipah, M.Si ID - digilib55269 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55269/ A1 - Siti Fitriyah, NIM.: 09481144 Y1 - 2011/12/10/ N2 - Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas I di MI YAKTI Sidorejo Tegalrejo Magelang masih rendah, karena kebanyakan siswa belum mampu mengenal kata secara seluruhnya apalagi sampai menyusun kata. Oleh karena itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki pembelajaran dengan menerapkan strategi kartu bergambar yang dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menyusun kata pada siswa kelas I. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan K(PTK) Penelitian ini bersifat kuantitas dengan mengambil latar MI YAKTI Sidorejo Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap dalam penelitian data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan langkahlangkah PTK : 1. Perencanaan 2. Pelaksanaan 3. Observasi dan, 4. Refleksi Hasil penelitian menunjukkan : strategi kartu bergambar efektif digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya siswa kelas I MI YAKTI Sidorejo Tegalerjo, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan kemampuan mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi membaca dan menyusun kata melalui strategi kartu bergambar pada siswa kelas I merasa senang, ketertarikan, antusiasme, bekerjasama dalam kelompok. Pada hasil tes analis siklus I 55% pada pretest dan 80% pada post test. Sedangkan pada siklus II tes analisis siklus II meningkat menjadi 65% dan 80% pada postesnya, sehingga pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Model Pembelajaran KW - Media Kartu Bergambar KW - Pelajaran Bahasa Indonesia M1 - skripsi TI - UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL DAN MENYUSUN KATA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I MI YAKTI SIDOREJO TEGALREJO MAGELANG MELALUI STRATEGI KARTU BERGAMBAR AV - restricted EP - 102 ER -