eprintid: 55272 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/52/72 datestamp: 2022-11-29 07:19:26 lastmod: 2022-11-29 07:19:26 status_changed: 2022-11-29 07:19:26 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Umi Hanik Komariyah, NIM.: 09481157 title: UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MIN KEBONAGUNG IMOGIRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT ) ispublished: pub subjects: Matematika subjects: met_pemb divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Hasil Belajar, Pelajaran matematika, Model Pembelajaran note: Pembimbing: Hj. Sri Sumarni,M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together ( NHT ) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas V MIN Kebonagung Imogiri Bantul Yogyakarta.Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran masih berorientasi pada guru, rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode yang kurang menarik,. Dalam pembelajaran secara klasikal, perbedaan individu jarang diperhatikan, semua siswa di dalam kelas dianggap sama. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajarn yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru, dan subyek penelitianya adalah siswa kelas V MIN Kebonagung Imogiri Bantul yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terinci. Urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika melalui model Kooperatif tipe Numbered Head Together ( NHT), telah dapat meningkatan hasil belajar siswa Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar dengan prosentase pada pra tindakan sebesar 55%, siklus I sebesar 95% dan pada siklus II sebesar 100%. Peningkatan nilai rata-rata hasil tes pada pra tindakan sebesar 67,00, siklus I sebesar 80,15, sedangkan pada siklus II sebesar 84,50. Dengan demikian setiap siklus mengalami peningkatan pada hasil belajarnya. date: 2011-12-04 date_type: published pages: 214 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Umi Hanik Komariyah, NIM.: 09481157 (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MIN KEBONAGUNG IMOGIRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55272/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55272/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf