%0 Thesis %9 Skripsi %A Aisyiyah, NIM.: 08410154 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2012 %F digilib:55276 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Media Belajar, Internet, Motivasi Belajar %P 151 %T PENGGUNAAN MEDIA INTERNET DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX B MATA PELAJARAN PAI SMP NEGERI 10 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55276/ %X Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam, dikarenakan oleh beberapa macam faktor, bisa faktor ektern dan intern, siswa terpaku pada teks saja, guru kurang memperkenalkan inovasi baru berupa media atau strategi terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam kepada peserta didik dan bersifat monoton. Dan yang menjadi bahasan dalam rumusan masalah adalah bagaimana motivasi belajar siswa sebelum menggunakan media internet dan penerapannya serta hasil dari diterapkannya media internet pada mata pelajaran PAI kelas IX B SMP Negeri 10 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media internet dalam pembelajaran PAI dan mengamati bagaimana motivasi belajar siswa tersebut, sehingga dapat diketahui hasil penerapan media internet dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 10 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang digunakan dengan teknik pengumpulan data berupa hasil wawancara dan analisis angket. Dan subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX B SMP Negeri 10 Yogyakarta, sedangkan obyek dari penelitian ini adalah keseluruhan proses dan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 10 Yogyakarta dengan penggunaan media internet. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan yang sangat jeli atau serius, observasi, wawancara yang sangat mendalam, dan analisis data berupa angket, untuk dapat mengetahui keabsahan atau kevalitan data, sehingga dapat di tarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) sebelum diterapkannya media internet, motivasi belajar siswa masih kurang, hal ini dilihat dari analisis data pada pra tindakan yang rata-rata hanya 70,07%. (2) pada siklus I dilaksanakannya media internet dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, terjadi peningkatan signifikan yaitu naik 10,42% menjadi 80,49%, ini merupakan langkah awal yang baik karena terjadi peningkatan motivasi belajar siswa. (3) agar penelitian lebih sempurna dilakukannya untuk melaksanakan siklus II, agar hasil vaiditasnya lebih akurat, motivasi belajar siswa naik 2,82% menjadi 83,31%, sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dan berjalan maksimal. %Z Pembimbing: Drs Rofik M. Ag