eprintid: 5528 rev_number: 25 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/55/28 datestamp: 2013-07-22 09:34:42 lastmod: 2015-10-13 02:16:26 status_changed: 2012-05-04 16:48:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FATIMATU ZAHROH, NIM. 06140031 title: PERANAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI PENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SD NEGERI 1 SENTONO KABUPATEN KLATEN ispublished: pub subjects: IA divisions: jur_ipis1 full_text_status: restricted keywords: Perpustakaan Sekolah, Peranan Perpustakaan note: Pembimbing: Tafrikhuddin, S.Ag.,M.Pd. abstract: ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan Perpustakaan SD Negeri 1 Sentono dalam menunjang proses belajar mengajar. Adapun jenis metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini untuk mendapatkan data yang valid peneliti menggunakan beberapa tehnik pengumpulan data yaitu wawancara semiterstruktur (semistructur interview), Observasi berpartisipasi (participantobservation), dokumentasi, studi pustaka. Semua data kualitatif yang diperoleh akan di analisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dalam penelitian kualitatif ini menggunakan uji kredibilitas data, uji transferability, uji dependability, uji confirmability. Hasil dari penelitian diketauhi bahwa perpustakaan SD Negeri 1 Sentono secara umum mempunyai empat peranan antara lain 1). Pusat proses belajar-mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan seperti tercantum dalam kurikulum sekolah, 2). Pusat penelitian sederhana yang memungkinkan para siswa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya, 3). Pusat membaca buku-buku yang bersifat rekreatif dan mengisi waktu luang (buku-buku hiburan), 4). Pusat belajar mandiri bagi siswa. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan untuk peran perpustakaan dalam menunjang kegiatan proses belajar mengajar di SD Negeri 1 Sentono masih belum maksimal, dan di pengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: koleksi yang kurang banyak dan untuk pengadaan belum bisa kontinyu. Mengingat perpustakan sekolah sangat berpengaruh terhadap proses kegiatan belajar mengajar, maka diharapkan kepada pihak sekolahan untuk meningkatakan faktor penunjang khususnya koleksi perpustakaan agar proses kegiatan belajar mengajar berjalan lancar dan sesuai dengan yang di inginkan. div date: 2011-02-10 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-02-10 10:17:45 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--fatimatuza-5307-1-fatimatu-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/107/digilib-uinsuka--fatimatuza-5307-1-fatimatu-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=5897 ; nama file lama : FATIMATU ZAHROH NIM. 06140031 - PERANAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI PENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SD NEGERI 1 SENTONO KABUPATEN KLATEN.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 757848 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: FATIMATU ZAHROH, NIM. 06140031 (2011) PERANAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI PENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SD NEGERI 1 SENTONO KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5528/2/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5528/1/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf