TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Usman, SS. M.Ag ID - digilib55286 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55286/ A1 - Akhmad Zaenudin, NIM.: 08410124 Y1 - 2012/01/05/ N2 - Pada dekade terakhir ini, pendidikan lebih mengutamakan masalah yang bersifat materi dan ilmu pengetahuan, daripada masalah akhlak, etika dan moral.Tingginya dekadensi moral yang dilakukan oleh masyarakat menunjukkan bahwa adanya krisis akhlak. Dalam dunia pendidikan seharusnya dapat menanamkan nilai-nilai akhlak terhadap peserta didiknya, yang nantinya akan di internalisasikan dalam kehidupan sehai-hari.Melihat problematika pendidikan, khususnya mengenai pendidikan akhlak, maka penulis ingin membahas lebih jauh konsep pendidikan akhlak KH. Hasyim Asy?ari , yaitu seorang ulama besar Indonesia yang banyak memberikan sumbangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang pendidikan Islam. Konsep pendidikan akhlak KH. Hasyim Asy?ari dirasa dapat memberikan solusi atas permasalahan akhlak tersebut, meskipun masih ada beberapa hal yang perlu diteliti kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak menurut KH. Hasyim Asy?ari. Berdasarkan jenisnya, skripsi ini merupakan penelitian kepustakaan (librari Researh) yang bersifat deskriptif analisis dimana datanya diperoleh melalui sumber literatur, yaitu melalui riset kepustakaan. Dalam pengumpulan data, melalui dua macam yaitu data primer dan data sekunder. Data primer, yaitu data utama dan penting yang sangat di butuhkan dalam melakukan penelitian. Data tersebut adalah data yang tertuang dalam karya yang berjudul Adab al-?Alim wa al-Muta?allim karya KH. Hasyim Asy?ari. Sedangkan data sekunder, yaitu data yang berupa bahan pustaka yang memiliki kajian yang sama yang di hasilkan oleh pemikir lain. Metode yang digunakan penulis adalah metode interpretasi untuk mengungkapkan esensi pemikiran KH. Hasyim Asy?ari mengenai pendidikan akhlak, yaitu dengan menggunakan metode deduksi dan induksi yang kemudian dapat ditarik kesimpulan. Penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa sebenarnya konsep pendidikan akhlak KH. Hasyim Asy?ari lebih menekankan pada pemberdayaan hati. KH. Hasyim Asy?ari sangat berharap bahwa hal tersebut dapat membantu mencapai kehidupan yang lebih baik khususnya bagi individu dan umumnya bagi masyarakat yang berakhlak mulia sesuai dengan petunjuk-petunjuk agama Islam.Dalam pembentukan akhlak seseorang KH. Hasyim Asy?ari menganut paham konvergensi, yaitu adanya campur tangan hati nurani dan lingkungan dalam pembentukan akhlak seseorang. Nilai-nilai akhlak seharusnya sudah ditanamkan kepada anak sejak dini, agar nilai-nilai tersebut dapat terkristal dalam hati nurani dan akan timbul dengan sendirinya dalam perilaku sehari-hari. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pendidikan Akhlak KW - Pemikiran KH. Hasyim Asy'ari KW - Kurikulum Sekolah M1 - skripsi TI - KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF KH. HASYIM ASY?ARI AV - restricted EP - 86 ER -