TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Umar Sidik, SIP, M.Pd. ID - digilib5529 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5529/ A1 - FITRI SUKO ASIH ANTORO - NIM. 07140067, Y1 - 2011/02/10/ N2 - Dalam penelitian ini penulis merumuskan tiga pokok masalah, yaitu Bagaimana cara yang dilakukan oleh sekolah inklusi untuk meningkatkan minat baca anak berkebutuhan khusus, Bagaimana peran pustakawan dalam pembinaan minat baca anak berkebutuhan khusus, Apa saja koleksi yang diperlukan dalam upaya peningkatan minat baca disekolah inklusi SMP N 2 Sewon. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya pembinaan minat baca serta koleksi apa yang disediakan oleh perpustakaan untuk meningkatkan minat baca anak berkebutuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, untuk metode pengumpulan data dengan metode wawancara, untuk uji keabsahan data dengan teknik triangulais, untuk analisis data dengan analisis data kualitatif model interaktif. Pembinaan minat baca Anak Berkebutuhan Khusus yang dilakukan oleh Sekolah Inklusi dan Perpustakaan SMP N 2 sewon adalah dengan bimbingan langsung baik oleh pustakawan maupun oleh guru pendamping yaitu dengan cara: Anak berkebutuhan khusus diajak keperpustakaan untuk mendengarkan kaset maupun CD dan juga memilih koleksi buku yag berhuruf Braille untuk dibaca. Koleksi bisa bacaan fiksi maupun pelajaran. Disediakan ruangan khusus untuk anak berkebutuhan khusus agar bisa lebih fokus dalam membaca dan juga didampingi oleh guru ABK, sehingga anak bisa bertanya langsung apabila ada kesulitan. Dari hasil penelitian ini diharapkan bahwa dengan pembinaan minat baca ini siswa berkebutuhan khusus bertambah minat bacanya dan bisa berprestasi lebih baik. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Pembinaan Minat Baca KW - Sekolah Inklusi M1 - skripsi TI - PEMBINAAN MINAT BACA DI SEKOLAH INKLUSI (STUDI KASUS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP N 2 SEWON BANTUL) AV - restricted ER -