eprintid: 55291 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/52/91 datestamp: 2022-11-30 02:14:25 lastmod: 2022-11-30 02:14:25 status_changed: 2022-11-30 02:14:25 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Anas Rulloh, NIM.: 07410276 title: IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ANTI TERORISME DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA N 3 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P subjects: kar_ divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran PAI, Nilai Anti Terorisme, Toleransi note: Pembimbing: Drs. Radino, M.Ag abstract: Latar belakang dari penelitian ini adalah Kekerasan dalam bentuk apapun dan dengan dalih apapun harus dihindari dan diberantas. Sikap terorisme adalah musuh bersama umat beragama dan masyarakat berbangsa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Implementasi nilai-nilai anti terorisme dalam pembelajaran PAI Di SMA N 3 Yogyakarta, apa saja nilai-nilai anti terorisme dan penerapan nilai-nilai anti terorisme yang dalam pembelajaran PAI Di SMA N 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penlitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMA N 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dokumentasi, Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil di Simpulkan, dan dari makna itulah ditarik sebuah kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukan : 1) Nilai-nilai Anti terorisme dalam Pembelajaran PAI DI SMA N 3 Yogyakarta yaitu, membangun kerukunan, mempererat perdamaian,Menerapkan Sikap Toleransi, Menjalin Persantuan dan Kesatuan, Menguatkan Ukhuwah Islamiyah, Menanamkan Apreasi terhadap Keberagaman / Pluralitas, Saling Menghargai, mengembangkan sikap empati sosial, Membangun Kecerdasan Moral 2) Implementasi nilai-nilai anti terorisme dalam pembelajaran PAI Di SMA N 3 Yogyakarta dengan metode pembelajaran intrakulikuler yang diajarkan langsung melalui kurikulum nasional. dan memberikan pembelajaran agama islam dengan memasukkan unsur nilai-nilai anti-anti terorisme dalam pembelajarannya. Suasana lingkungan SMA N 3 Yogyakarta sebagai pembentuk karakter Anti Terorisme Sebagai sekolah negeri, siswa dan siswinya berasal dari latar belakang keagamaan yang sangat bervariasi. Sehingga pengamalan tentang toleransi dan kerukunan umat beragama dapat dilihat secara langsung dari tingkat pergaulan mereka di sekolah.Teman satu kelas, bahkan teman sebangku belum tentu orang yang satu keyakinan. Sehingga, nilai kemanusiaan sebagaimana diajarkan dalam Islam tidak hanya dibakukan dalam ingatan para siswanya, melainkan juga dapat diterapkan. date: 2012-01-04 date_type: published pages: 104 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Anas Rulloh, NIM.: 07410276 (2012) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ANTI TERORISME DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA N 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55291/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55291/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf