TY - THES N1 - Pembimbing: Drs.H. Sedya Santosa, S.S. M.Pd ID - digilib55302 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55302/ A1 - Ashari, NIM.: 09481081 Y1 - 2011/12/08/ N2 - Latar belakang dari penelitian ini adalah banyak ditemukanya siswa yang kurang mampu dalam mengungkapkan pendapat, dan perasaannya di depan kelas. Penguasaan empat keterampilan berbahasa cenderung fokus pada keterampilan membaca dan menulis, sehingga ketermapilan berbicara kadang kurang mendapat porsi yang memadai untuk mengembangkan keterampilan berbahasa lisan siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode mendongeng dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan siswa di MI YAPPI Kalanagan, Ngipak, Karangmojo, Gunungkidul. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV, guru Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes perbuatan/proses Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, kegiatan tindakan dan observasi, dan refleksi. Penilaian dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif dengan pedoman penilaian. Hasil penilaian menunjukkan bahwa metode mendongeng dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan siswa MI YAPPI Kalangan, dengan peningkatan capaian kriteria ketuntasan minimal kemampuan berbahasa lisan siswa mencapai seratus persen. Siswa berantusias dengan metode mendongeng yang diterapkan oleh guru. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Berbahasa Lisan KW - Metode Mendongeng KW - Pemebelajaran Bahasa Indonesia M1 - skripsi TI - UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN SISWA MELALUI METODE MENDONGENG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI YAPPI KALANGAN AV - restricted EP - 104 ER -