eprintid: 55304 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/53/04 datestamp: 2022-11-30 04:06:55 lastmod: 2022-11-30 04:06:55 status_changed: 2022-11-30 04:06:55 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Aspiyah, NIM.: 09481119 title: UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS I DALAM MATA PELAJARAN FIQH MATERI RUKUN ISLAM MELALUI METODE CARD SORT DI MI MUHAMMADIYAH PROGOWATI MUNGKID MAGELANG ispublished: pub subjects: fiqih subjects: met_pemb divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Prestasi Siswa, Pelajaran Fiqh, Metode Pembelajaran note: Pembimbing: Dra. Nur Rohmah, M.Ag. abstract: Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran Fiqh di kelas I MI Muhammadiyah Progowati Mungkid Magelang masih menggunakan metode konvensional, dimana guru belum bervariasi dalam memilih dan menggunakan metode dalam pembelajaran serta guru kurang memperhatikan kebutuhan siswa. Sehingga prestasi belajar yang diraih siswa kurang maksimal. Maka dari itu Penulis merasa perlu untuk mengadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode card sort. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui penerapan metode card sort pada pembelajaran Fiqh dalam meningkatkan prestasi siswa kelas I. Subyek pada penelitian ini adalah semua siswa kelas I yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Progowati Mungkid Magelang pada tanggal 3 sampai 24 Nobember 2011. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas ini berdasarkan pengumpulan data menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dapat dibuktikan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus pertama sebesar 62,80 kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 65,83. Sedangkan ketuntasan klasikalnya pada siklus pertama sebesar 48,38%, dan pada siklus kedua 80,64%. Dengan demikian penerapan metode card sort dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I pada pelajaran Fiqh materi rukun Islam. date: 2011-12-05 date_type: published pages: 96 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Aspiyah, NIM.: 09481119 (2011) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS I DALAM MATA PELAJARAN FIQH MATERI RUKUN ISLAM MELALUI METODE CARD SORT DI MI MUHAMMADIYAH PROGOWATI MUNGKID MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55304/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55304/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf