TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Sukiman, S. Ag, M.Pd. ID - digilib55312 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55312/ A1 - Bandiyah, NIM.: 09411125 Y1 - 2011/12/11/ N2 - Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pada kenyataannya praktek-praktek mengajar yang dilakukan di SD Negeri 2 Prapaglor, Pituruh, Purworejo, Jawa Tengah pada umumnya masih berpusat pada guru atau berkonotasi theacher centered ( berpusat pada guru). Metodologi pembelajaran (khususnya agama Islam ) yang diterapkan masih mempertahankan cara-cara lama (tradisional) seperti ceramah, menghafal, demonstrasi, praktik-praktik ibadah dan sebagainya. Cara seperti itu diakui atau tidak membuat siswa tampak bosan, jenuh, dan kurang bersemangat dalam belajar agama. Jika secara psikologis siswa kurang tertarik dengan metode yang digunakan oleh guru, maka dengan sendirinya siswa akan memberikan umpan balik (feedback) Psikologis yang kurang mendukung dalam proses belajar mengajar. Indikasinya adalah timbul rasa tidak simpatinya peserta didik terhadap guru agama, tidak tertarik dengan materi-materi agama, dan lama kelamaan akan timbul sikap acuh tak acuh terhadap agamnya sendiri. Kalau kondisinya sudah seperti itu, sangat sulit mengharapkan siswa sadar dan mau mengamalkan ajaran-ajaran agama. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar SD Negeri 2 Prapaglor, Pituruh, Purworejo, Jawa Tengah. Pengumpuln data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitin meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: Pembelajaran active learning tipe jigsaw efektif digunakan pada pembelajaran Agama Islam khususnya di kelas VI SD Negeri 2 Prapaglor, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik, terlihat pada rasa senang, antusiasme, rasa ingin tau dan skor hasil tes akhir. Adapun peningkatan tes hasil belajar dari tahap pra siklus 74,60, pada siklus I menjadi 84,34, dan pada siklus II meningkat menjadi 85,39. Jadi, pada aspek keaktivan dan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran Agama Islam KW - Metode Jigsaw KW - Hasil Belajar M1 - skripsi TI - PENERAPAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VI SD NEGERI 2 PRAPAGLOR AV - restricted EP - 117 ER -