%0 Thesis %9 Skripsi %A Dian Faoziah, NIM.: 09481146 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2011 %F digilib:55317 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pembelajaran Matematika, Metode Peer Teaching, Metode Pembelajaran %P 116 %T MENINGKATKAN PRESTASI MATEMATIKA MELALUI METODE PEER TEACHING (TUTOR SEBAYA) SISWA KELAS II MI MAARIF GONDOSULI KECAMATAN MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55317/ %X Penelitian ini bertujuan untuk pengajaran Matematika melalui metode Peer Teaching pada siswa kelas II MI Ma’arif Gondosuli. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan, menentukan metode pembelajaran melalui metode Peer Teaching. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II MI Ma’arif Gondosuli ajaran 2011/2012 sebanyak 14 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis kualitatif berupa interpretasi data observasi. Tindakan dilaksanakan dengan cara siswa diberikan tindakan berupa pembelajaran dengan metode Peer Teaching melalui kegiatan belajar yang terstruktur. Pengumpulan data diperoleh melalui metode tersebut, observasi dan dokumentasi yang dilaksanakan mulai bulan Oktober hingga Nopember. Hasil penelitian menunjukkan (1) dalam penggunaan metode Peer Teaching telah meningkatkan kemampuan siswa (2) rata-rata kelas meningkat (3) penggunaan metode Peer Teaching menjadikan siswa aktif, kreatif, bertanggung jawab dan menyenangkan. Dengan melihat kondisi dan permasalahan yang sama. Peneliti menyarankan dalam pembelajaran dengan menggunakan metode Peer Teaching guru sebaiknya memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar efektif, reatif dan pengalaman belajar yang menyenangkan. %Z Pembimbing: Eva Latipah, M.Si