%A NIM.: 08470095 Dian Lestari %O Pembimbing: Dra. Nur Rohmah, M.Ag. %T PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X Latar belakang penelitian ini adalah semakin meningkatnya kriminalitas generasi bangsa yang disebabkan oleh krisis karakter masing-masing individu. Perkembangan globalisasi yang semakin pesat menjadi pemicu utama timbulnya efek negatif bagi karakter bangsa. Di sinilah pendidikan karakter mengambil peran penting untuk memberikan solusi permasalahan fenomena era globalisasi sekarang ini. Dan ini sudah lama diterapkan di SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta hingga sekolah ini mendapatkan kepercayaan masyarakat untuk menanamkan pendidikan karakter pada putera-puterinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang konsep pendidikan karakter di SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta dan pengembangannya di sana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, membandingkan apa yang dikatakan orang di depan umum dengan apa yang dikatakan secara pribadi, membandingkan keadaan dan perspektif seseorang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang, dan membandingkan hasil wawancara dengan suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) konsep pendidikan karakter di SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta terkandung dalam sepuluh karakter yang menjadi tujuan pendidikan SDIT tersebut; (2) setting pembelajaran yang digunakan bersifat terpadu yaitu mengamalkan ajaran Islam dalam keseharian; (3) pengembangan kurikulum berbasis karakter dengan mengacu pada delapan belas nilai karakter dari Kemendiknas yang diintegrasikan dengan sepuluh karakter tujuan pendidikan SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta; (4) pengembangan setting pembelajaran berbasis karakter yang digunakan yaitu dengan memasukkan nilai-nilai karakter pada kurikulum (KTSP), silabus, RPP, dan proses pembelajaran yang melibatkan peran sekolah, orang tua, dan masyarakat; dan (5) peran sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam pengembangan pendidikan karakter di sana yaitu sekolah menanamkan pendidikan karakter, orang tua mengkontrol di rumah, dan masyarakat mendukung penanaman pendidikan karakter pada anak. %K Pendidikan Karakter, Setting Pembelajaran, Pengembangan Kurikulum %D 2012 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib55318