@phdthesis{digilib55332, month = {March}, title = {PENERAPAN METODE REWARD AND PUNISHMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII C MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 08410161 Erma Masruroh}, year = {2012}, note = {Pembimbing: Drs. Sarjono, M.Si}, keywords = {Reward and Punishment, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran Akidah Akhlak}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55332/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis metode reward and punishment untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas VIII C MTs Negeri Ngemplak Sleman dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C yang berjumlah 37 siswa MTs Negeri Ngemplak Sleman. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan angket, observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan triangulasi. Hasil penelitian motivasi belajar siswa dengan penerapan metode reward and punishment adalah: (1) Banyaknya siswa yang semakin aktif menjawab pertanyaan dan maju ke depan kelas, 2) Siswa memperhatikan penjelasan guru dengan baik, 3) Siswa semakin semangat dalam mengerjakan tugas dari guru, (4) Siswa menjadi semangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Motivasi belajar siswa juga meningkat dari hasil rata-rata perhitungan angket yaitu siklus I sebesar 73,75\%, Siklus II 76,15 \% dan siklus III meningkat menjadi 80,12\%. Peningkatan dari semua aspek juga meningkat di tiap siklus yaitu: (1) Aspek kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran 84,45\%, 88,19\%, 90,27\%, (2) Aspek Siswa semangat dalam menjawab pertanyaan 64,86\%, 67,36\%, 72,91\%, (3) Aspek rasa senang siswa terhadap pelajaran 74,32\%, 79,86\%, 88,29\%, (4) Aspek antusias siswa dalam mengikuti pelajaran 74,82\%, 73,96\%, 78,29\%, (5) Aspek perhatian siswa dalam pembelajaran 74,32\%, 74,64\%, 79,16\%, (6) Aspek Keaktifan siswa dalam pembelajaran 67,14\%, 71,52\%, 72,21\%, (7) Aspek minat siswa terhadap pembelajaran 76,34\%, 71,54\%, 79,85\%. Hasil tersebut menunjukkan bahwasanya penerapan metode reward and punishment dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII C mengalami peningkatan yaitu dari kategori tinggi menjadi sangat tinggi.} }