@phdthesis{digilib55334, month = {January}, title = {PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN HOMESCHOOLING (STUDI KASUS PADA KELUARGA ISMETH FIRDAUS, M.SC)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 08420092 Etika}, year = {2012}, note = {Pembimbing: Drs. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag}, keywords = {Pembelajaran, Bahasa Arab, Homeschooling}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55334/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini yaitu keluarga Ismeth Firdaus, M.Sc merupakan keluarga yang mempunyai komitmen yang kuat dalam mendidik kemampuan multilingual anak-anaknya, kemudian keluarga mereka memilih homeschooling sebagai alternatif belajar yang dalam hal ini memang masih jarang sekali kita temukan dalam sebuah keluarga, sehingga menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dan hasil belajar yang dicapai dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan homeschooling pada keluarga Ismeth Firdaus, M.Sc. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang mengambil latar pada keluarga Ismeth Firdaus, M.Sc di Condong Catur Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Pengukuran hasil belajar dalam ranah kognitif dilakukan dengan cara tes dan observasi, pengukuran dalam ranah afektif dilakukan dengan cara skala sikap dan observasi, pengukuran dalam ranah psikomotorik dilakukan dengan observasi dan wawancara. Analisa data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan cara memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah kemudian ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaan pembelajaran ini yaitu jenis homeschooling dalam keluarga Ismeth Firdaus, M.Sc yaitu homeschooling rumah tunggal. Tujuannya untuk mengasah kecerdasan linguistik agar anak memiliki kemampuan multilingual. Materi yang disampaikan yaitu tentang kosakatakosakata benda dalam bahasa Arab. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran homeschooling di keluarga Ismeth Firdaus.M.Sc yaitu unschooling approach dan the eclectic approach. Metode yang dipakai yaitu metode drill. Evaluasi yang diterapkan ada dua macam yaitu evaluasi formal dan evaluasi non formal. Dalam pelaksanaannya homeschooling yang dijalankan keluarga ini yaitu homeschooling part-time atau homeschooling after schooling. Pembelajaran bahasa Arab dengan homeschooling terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.} }