eprintid: 55338 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/53/38 datestamp: 2022-12-01 03:20:19 lastmod: 2022-12-01 03:20:19 status_changed: 2022-12-01 03:20:19 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Fifin Candra Arifa, NIM.: 08420047 title: IMPLEMENTASI PROGRAM REMEDIAL DAN PROGRAM PENGAYAAN SEBAGAI UPAYA PENCAPAIAN KETUNTASAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN 2011/2012 ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pba divisions: jur_bsa full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Program Remedial, Program Pengayaan note: Pembimbing: Drs. H. Zainal Arifin, M.Ag abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan dan kontribusi program remedial dan program pengayaan sebagai upaya pencapaian ketuntasan belajar bahasa Arab siswa kelas XI IPA I MAN Lab UIN Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakuakn dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara operasional pelaksanaan remedial dibagi dua yaitu pelaksanaan remedial dilakukan oleh guru bidang study yang dilaksanakan sebelum kegiatan pembelajaran biasa untuk membantu siswa yang diduga akan mengalami kesulitan (preventif), atau selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran biasa (pengembangan), dan setelah diadakan ulangan harian dan pelaksanaan remedial yang dilaksanakan dari sekolah yang telah terjadwal, namun nilai siswa yang remidial tidak boleh melebihi KKM (Keriteria Ketuntasan Minimal) hal ini untuk menghormati dan menghargai siswa yang tidak remedi, sedangkan pelaksanaan program pengayaan dilaksanakan dengan cara vertikal bukan horizontal yaitu dengan cara memberikan soal, materi yang tingkatannya lebih tinggi di banding dengan siswa yang nilainya masih di bawah KKM (Keriteria Ketuntasan Minimal) dan juga menggunakan metode tutor sebaya dimana siswa yang sudah tuntas dalam belajarnya mengajarkan materi yang belum difahami oleh siswa yang belum tuntas dalam belajarnya sehingga siswa dapat lebih mendalami dan memahami materi yang telah dipelajar dan siswa menjadi lebih berkualitas. Pelaksanaan remedial dan pengayaan memberikan kontribusi yang sangat besar bagi siswa yaitu nilai yang didapat siswa menjadi meningkat di banding sebelum melaksanakan remedial dan dapat menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan siswa yang diberi pengayaan sehingga siswa dapat mencapai ketuntasan dalam belajarnya. date: 2012-01-27 date_type: published pages: 130 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Fifin Candra Arifa, NIM.: 08420047 (2012) IMPLEMENTASI PROGRAM REMEDIAL DAN PROGRAM PENGAYAAN SEBAGAI UPAYA PENCAPAIAN KETUNTASAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55338/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55338/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf