TY - THES N1 - Pembimbing: Dra. Hj. Marhumah, M.Pd ID - digilib55340 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55340/ A1 - Fil Isnaeni, NIM.: 08410144 Y1 - 2012/01/30/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting yang apabila dilakukan secara benar akan membawa kepada keunggulan dan kualitas akal serta kejernihan fikir. Di samping itu pada hakikatnya anak adalah generasi masa depan. Pada pundaknyalah diserahkan masa depan tanah air, karena anak sekarang adalah orang dewasa besok, dan apa yang ditanamkan sekarang akan dipetik buahnya (hasilnya) besok. Demikian halnya bagi setiap anak secara fitrah memiliki potensi yang besar dan membawa kemungkinan-kemungkinan untuk berkembang, sehingga mereka sangat memerlukan bimbingan dan arahan dari orang dewasa disekitarnya, dan sangat membutuhkan sentuhan cinta kasih sayang mereka dalam berproses menuju kstabilan emosional, intelektual dan spirit mereka. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan mengambil tafsir Al-Misbah dan Al-Azhar tehadap QS. Luqman ayat 12-19 sebagai objek. Pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan dua sumber data primer yaitu Tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab dan Tafsir Al Azhar karya Prof. Dr. Hamka. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analysis) selanjutnya analisis data tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penafsiran dalam QS. Luqman adalah pokok-pokok pendidikan anak yang dijadikan sumber inspirasi bagi orangtua dalam mendidik anaknya, yaitu pendidikan aqidah, pendidikan syariat dan pendidikan akhlak. Konsep pendidikan yang terkandung didalam QS. Luqman ayat 12-19 terdapat konsep syukur, konsep ketauhidan, konsep menghormati orangtua, konsep menghormati orangtua musyrik, konsep balasan akhirat, konsep tentang shalat, konsep amar ma?ruf nahi munkar dan konsep sabar, dan sikap hidup. Untuk mengimplementasikan konsep tersebut kedalam pendidikan diperlukannya sosok pendidik yang ideal, materi pengajaran yang komprehensif dengan potensi anak, dan metode yang akomodatif yaitu dengan menggunakan metode nasehat. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pemikiran Quraish Shihab KW - Tafsir Al-Misbah KW - Pemikiran Hamka KW - Tafsir Al-Azhar KW - Konsep Pendidikan Anak M1 - skripsi TI - PENDIDIKAN ANAK DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12-19 (STUDI KOMPARATIF TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN TAFSIR AL AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA) AV - restricted EP - 122 ER -