TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag ID - digilib55341 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55341/ A1 - Firman Salsabila, NIM.: 07410277 Y1 - 2011/12/14/ N2 - Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran merupakan faktor penunjang di dalam mewujudkan tujuan pendidikan. Namun kenyataanya yang terjadi media pembelajaran yang khusus bagi siswa tunanetra sangat terbatas. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang media yang digunakan untuk siswa tunanetra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SLB-A Yaketunis Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Dalam pembelajaran PAI di SLB Ayaketunis, guru menggunakan berbagai macam media pembelajaran. 2) Guru memakai berbagai cara dalam menggunakan media dalam proses pembelajaran PAI. 3) Faktor pendukung adalah kreatifitas guru dalam memanfaatkan media, keterampilan guru menggunakan media, motivasi guru, motivasi siswa, dan dukungan dari pihak sekolah. Sedangkan faktor penghambat adalah siswa lambat beradaptasi dan banyaknya jumlah siswa dalam satu kelas PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Media Pembelajaran KW - Pembelajaran PAI KW - Disabilitas M1 - skripsi TI - PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNANETRA DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA AV - restricted EP - 98 ER -