%A NIM.: 07480002 Hakam Rajih %O Pembimbing: Dra. Siti Johariyah M.Pd %T UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMAHAMAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DENGAN METODE “CARD SORT” (SORTIR KARTU) DI KELAS III MI MOJOSARI BANSARI TEMANGGUNG %X Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa masih kurangnya pemahaman dan prestasi belajar siswa pada proses pembelajaran, belum terlihatnya siswa yang memahami materi dan antusias yang besar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa ketika mengikuti pelajaran IPS. Maka dari itu perlu diadakannya peneltian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode yang dapat meningkatkan pemhaman dan prestasi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode Card Sort pada pembelajaran IPS dan meningkatan pemahaman dan prestasi belajar siswa kelas III setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Mojosari Bansari temanggung. pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, dokumentasi, catatan lapangan, lembar kerja siswa dan evaluasi, dan wawancara. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) pengamatan, (3) refleksi. Jenis penelitaian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang laksanakan dalam II siklus dan empat kali pertemuan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: 1). Adanya peningkatan pemahaman siswa, yaitu dalam memahami materi pelajaran dalam penerapan menggunakan metode Card Sort yaitu adanya peningkatan dari hasil lembar obsevarsi pada siklus I pertemuan pertama yaitu sebesar 39,21%, pada pertemuanb kedua sebesar 43,35%, pada siklus II pertemuan pertama sebesar 53,81%, kemudian pada pertemuan kedua sebesar 62,74%. 2). Adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS, yaitu hasil penelitian menunjukkan prestasi siswa di atas KKM adalah 70, yang mencapai 88,24% dari jumlah siswa di kelas III MI Mojosari. Hasil pengamatan siswa pada pembelajaran IPS dengan metode Card Sort cukup signifikan. Peningkatan pemahaman siswa terlihat pada siklus I menunjukkan persentase angket sebesar 64,46% dengan kategori baik, dan pada siklus II sebesar 71,66% dengan kategori baik. Sedangkan hasil prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas III pada siklus I rata-rata kelas sebesar 66,76% dan persentase ketuntasan belajar sebesar 47,05%, hasil prestasi belajar siswa pada siklus II rata-rata sebesar 76,76% dan persentase ketuntasan belajar sebesar 88,24%. %K Pembelajaran IPS SD/MI, Card Sort, Pemahaman, Prestasi Siswa %D 2011 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib55345