TY - THES N1 - Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si ID - digilib55347 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55347/ A1 - Harjiman, NIM.: 09481061 Y1 - 2011/12/01/ N2 - Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman tentang materi luas lingkaran siswa kelas VI MIN Semanu dengan menggunakan alat peraga. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan : tes, angket, wawancara, dan observasi proses pembelajaran. Data penelitian yang diperoleh melalui tes observasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan data yang diperoleh melalui angket dan wawancara dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan alat peraga maka dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VI MIN Semanu. Hal tersebut didasari pada pembelajaran matematika penerapan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan nilai rata-rata ulangan pada pembelajaran siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai rata-ratanya 66,13 dan pada siklus II nilai rata-ratanya 84,62%. Pencapaian KKM siklus I adalah 46,15% dan pencapaian KKM siklus II 76,29%. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Alat Peraga Pendidikan KW - Teknik Media Bangun Ruang KW - Materi Luas Lingkaran M1 - skripsi TI - PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI LUAS LINGKARAN SISWA KELAS VI MIN SEMANU DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA AV - restricted EP - 99 ER -