%0 Thesis %9 Skripsi %A Himatun, NIM.: 08420142 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2012 %F digilib:55352 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Model Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab, Edutainment %P 119 %T MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS EDUTAINMENT DI MAN SABDODADI BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55352/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian model pembelajaran bahasa Arab di MAN Sabdodadi Bantul dengan prinsip-prinsip Edutainment dan untuk mengetahui hambatan-hambatannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di MAN Sabdodadi Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. untuk mengetahui kesesuaian pembelajaran bahasa Arab dengan prinsip – prinsip Edutainment dengan cara data yang diperoleh di lapangan disesuaikan dengan prinsip-prinsip edutainment yang sudah dirumuskan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MAN Sabdodadi Bantul sudah berusaha mengoptimalkan tempat berlangsungnya proses pembelajaran, guru bahasa Arab memberi menarik minat siswa, memberikan kemudahan dan suasana gembira dalam pembelajaran dengan upaya guru memunculkan rasa senang anak didik terhadap bahasa arab sejak dini. Metode yang digunakan cukup variataif yang semuanya sudah termasuk metode yang menyenangkan, sebagai mana metode dalam active learning seperti role play game dan permainan. Media yang digunakan cukup variatif dan melibatkan aspek multisensory. Materi yang diajarkan sudah cukup relevan yaitu didasarkan pada kemampuan dan kebutuhan siswa akan pengetahuan dan keterampilan yang harus mereka miliki. Model evaluasi yang dilaksanakan tidak membuat siswa tegang. Dari sembilan prinsip Edutainment ada satu prinsip yang belum terlaksana yaitu belum menciptakan suasana kondusif karena masih ada punishment terhadap pelanggaran yang dilakukan siswa. Hambatan pembelajaran bahasa Arab berbasis Edutainment di MAN Sabdodadi Bantul tahun ajaran 2011/2012 adalah : (1) Latar belakang kemampuan berbahasa Arab yang berbeda-beda. (2) Kurangnya minat siswa terhadap pelajaran bahasa Arab. (3) Kurangnya sarana dan prasarana pendukung pembelajarn bahasa Arab. (4) Adanya punishment terhadap pelanggaran yang dilakukan siswa. %Z Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si