TY - THES N1 - Pembimbing: Dra. Hj. Sri Sumarni,M.Pd ID - digilib55354 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55354/ A1 - Ida Lestari, NIM.: 09481142 Y1 - 2011/12/04/ N2 - Latar belakang masalah penelitian adalah bahwa dalam pembelajaran Matematika pada kelas V di MI Muhammadiyah Surodadi 2 Sawangan Magelang ini masih kurang demokratis yang akibatnya siswa kurang leluasa mengembangkan pikiran dan gagasannya. Kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan matematika ke dalam kehidupan riil. Hal lain yang menyebabkan sulitnya matematika bagi siswa adalah karena pembelajaran matematika kurang bermakna. Guru tidak mengaitkan dengan skema anak yang telah dimiliki siswa dan siswa kurang diberikan kesempatan untuk menemukan kembali dan mengkonstruksi sendiri ide-ide matematika. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V MI Muhammadiyah Surodadi 2 Sawangan Magelang. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas V MI Muhammmadaiyah Surodadi 2 Sawangan yang berjumlah 13 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar observasi guru, lembar observasi siswa, angket siswa, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya pendekatan Matematika Realistik prestasi belajar matematika khususnya kelas V mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari hasil prestasi dari sebelum tindakan sampai diadakannya tindakan. Hasil pra siklus diperoleh rata-rata 6 PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Prestasi Belajar KW - Pembelajaran Matematika KW - Metode Matematika Realistik M1 - skripsi TI - PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH SURODADI 2 SAWANGAN MAGELANG MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK AV - restricted EP - 138 ER -