eprintid: 55357 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/53/57 datestamp: 2022-12-01 07:57:18 lastmod: 2022-12-01 07:57:18 status_changed: 2022-12-01 07:57:18 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ika Anis Munisah, NIM.: 09481093 title: UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI WIYOKO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) ispublished: pub subjects: Matematika subjects: met_pemb divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Kooperatif, STAD (Student Teams Achievement Divisions), Pembelajaran Matematika note: Pembimbing: Dra. Sri Sumarni, M.Pd, abstract: Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI YAPPI Wiyoko, Yogyakarta pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI YAPPI Wiyoko yang berjumlah 9 anak, yang terdiri dari 1 anak perempuan dan 8 anak lakiā€“laki. Sedangkan obyek akan diteliti adalah hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi pembagian. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada Penelitian Tindakan Kelas ini adalah observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan tes. Pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskripsi kuantitatif deskripsi kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas IV MI YAPPI Wiyoko, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil ini dibuktikan dengan hal-hal berikut: Hasil belajar Matematika terjadi peningkatan mengenai jumlah siswa yang berhasil mencapai ketuntasan dalam mata pelajaran Matematika. Jumlah siswa kelas IV yang mendapat nilai tuntas 55,56% sebelum menggunakan metode STAD, meningkat menjadi 77,78% setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD Siklus I dan 100% mencapai ketuntasan setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD siklus II. Adanya peningkatan mengenai nilai rata-rata kelas dalam mata pelajaran Matematika kelas IV dari 62,22 sebelum menggunakan metode STAD, meningkat menjadi 64,06 setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD siklus I dan 78,47 setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD siklus II. Dan terlihat bahwa jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan mengalami pengurangan tiap siklus. Sebelum siklus terdapat 44,44% yang belum tuntas, menjadi 22,22% setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD siklus I dan 0 % setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD siklus II. date: 2011-12-04 date_type: published pages: 109 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ika Anis Munisah, NIM.: 09481093 (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI WIYOKO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55357/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55357/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf