@phdthesis{digilib55358, month = {March}, title = {MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN HADIS KELAS VIII MTs NEGERI SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 08410086 Ika Septiana}, year = {2012}, note = {Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag}, keywords = {Pembelajaran Al-Quran Hadis, Ketrampilan Guru, Motivasi Belajar Siswa}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55358/}, abstract = {Penelitian ini berangkat dari sebuah realita tentang kurangnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Quran Hadis, sehinga menjadikan peserta didik kurang minat atau kurang antusias ketika pembelajaran Al-Quran Hadis. Masik banyaknya peserta didik yang masih belum mampu membaca huruf hijaiyah menjadikan pembelajaran Al-Quran Hadis menjadi lamban. Dengan demikian, penenilian ini bertujuan untuk mengetahui pertama: pelaksanaan proses pembelajaran Al-Quran Hadis kelas VIII MTs Negeri Seyegan Sleman Yogyakarta, kedua: motivasi belajarar siswa dalam pembelajaran Al-Quran Hadis, dan yang ketiga: faktor-faktor yang mempengaruhu motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Quran Hadis. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Seyegan Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian pada skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru Al-Quran Hadis kelas VIII , Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, dan peserta didik kelas VIII MTs Negeri Seyegan Sleman Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, dengan metode pengumpulan data yang meliputi pengamatan, wawancara, angket dan dokumentasi. Dalam proses menganalisis data menggunakan prosedur analisis sebagai berikut: mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kegiatan pembelajaran Al-Quran Hadis kelas VIII MTs Negeri Seyegan Sleman termasuk dalam kategori masih kurang baik, karena berdasarkan dari hasil penelitian, pada saat proses pembelajaran berlangsung masih banyak siswa yang masih belum bisa memperhatikan guru pada saat guru menerangkan. Namun ada dari beberapa kelas yang memang dari awal pembelajaran suasananya tenang, dan nyaman. (2) motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Quran Hadis siswa kelas VIII MTs Negeri Seyegan Sleman Yogyakarta cenderung hiterogen ada yang memiliki motivasi rendah, sedang dan tinggi. Namun rata-rata tingkat motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Seyegan Sleman Yogyakarta dari hasil skor agket yang dikelola peneliti motivasi belajar siswa tergolong sedang. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa MTs Negeri Seyegan Sleman, terbagi menjadi dua yaitu faktor internal. Faktor internal adalah motivasi dari dalam diri peserta didik yang diantaranya yaitu, aspek fisiologis (yang bersifat jasmaniyah) dan aspek psikologis (yang bersifat rohaniyah). Dan faktor eksternal (faktor dari luar peserta didik) yakni faktor lingkungan dan keluarga peserta didik} }