TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M. Ag. ID - digilib55359 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55359/ A1 - Irma Suryani Wahid, NIM.: 08410112 Y1 - 2011/12/13/ N2 - Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa seorang anak didik dianggap telah berhasil mengikuti pendidikan agama bilamana telah menguasai sejumlah bahan pelajaran dan mampu menjawab soal-soal ujian, bukan atas dasar sejauh mana anak didik telah menghayati nilai sosial keagamaan yang terefleksi dalam sikap dan diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang internalisasi nilai sosial keagamaan melalui metode pembiasaan. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana pelaksanaan metode pembiasaan yang diterapkan SMP Negeri 9 Yogyakarta sebagai upaya menginternalisasikan nilai sosial keagamaan, bagaimana langkah-langkah SMP Negeri 9 Yogyakarta dalam menginternalisasikan nilai sosial keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan metode pembiasaan yang diterapkan SMP Negeri 9 Yogyakarta sebagai upaya menginternalisasikan nilai sosial keagamaan dan langkah-langkah SMP Negeri 9 Yogyakarta dalam menginternalisasikan nilai sosial keagamaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan metode pembiasaan dalam usaha menginternalisasikan nilai sosial keagamaan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar SMP Negeri 9 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis data deskriptif analisis non statistik, yaitu menganilisis data yang digambarkan dengan kata-kata menguraikan, serta mengadakan penafsiran data-data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukan (1) Pelaksanaan metode pembiasaan yang diterapkan SMP Negeri 9 Yogyakarta yaitu pelaksanaan salaman pagi, tadarus Al- Qur?an, shalat dhuha, shalat dzuhur berjamaah, bakti sosial, infak jum?at, pesantren ramadhan, pengumpulan/pembayaran zakat sudah berjalan dengan baik karena pembiasaan tersebut masuk dalam kegiatan sehari-hari dan terjadwal dengan baik. (2) Langkah-langkah internalisasi nilai yaitu pertama tahap transformasi nilai seperti anjuran untuk selalu mematuhi perintah orang tua, anjuran untuk selalu melaksanakn shalat, tahap tansaksi nilai seperti Guru mencontohkan pemakaian busana muslimah bagi yang beragama Islam, Guru memberi contoh kedisiplinan dengan cara berangkat ke sekolah tepat pada waktunya, tahap transinternalisasi nilai seperti pembinaan yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru-guru unuk lebih meningkatkan kualitasnya sebagai guru selebritis. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Metode Pembiasaan KW - Internalisasi Nilai Sosial KW - Metode Pembelajaran M1 - skripsi TI - INTERNALISASI NILAI SOSIAL KEAGAMAAN MELALUI METODE PEMBIASAAN BAGI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA AV - restricted EP - 108 ER -