@phdthesis{digilib5536, month = {February}, title = {ANALISIS KONSEP INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PADA ANTARMUKA SISTEM INFORMASI JAWS (JOB ACCESS WITH SPEECH) BAGI TUNANETRA DI PUSAT STUDI DAN LAYANAN DIFABEL (PSLD) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { KUSTIANI - NIM. 06140050}, year = {2011}, note = {Pembimbing: Siti Rohaya, S.Ag., MT,}, keywords = {Sistem informasi JAWS (Job Access With Speech), Tunanetra, dan Umpan Balik}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5536/}, abstract = {Penelitian tentang analisis konsep interaksi manusia dan komputer pada penerapan sistem informasi JAWS (Job Access With Speech) bagi tunanetra di Pusat Studi dan Layanan Difabel (PSLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, untuk mengetahui apakah JAWS (Job Access With Speech) sudah memenuhi kriteria ramah dengan pengguna sesuai dengan Sembilan ragam dialog dan Sebelas konsep interaksi manusia dan komputer ragam dialog umpan balik pada antarmuka bagi tunanetra. Penelitian ini menggunakan motode kualitatif pendekatan evaluasi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kemudian, data dianalisis dengan metode analisis data berdasarkan sifat-sifat ragam dialog interaktif menurut Insap Santosa dan Indra Yatini. Evaluasi antarmuka berdasarkan ragam dialog interaktif yang mempunyai sifat-sifat karakter ragam dialog. Untuk memenuhi kriteria Ramah dengan pengguna Sembilan ragam dialog interaktif hendaknya mempunyai sifat-sifat ragam dialog yaitu: Inisiatif, Keluwesan, Kompleksitas, Kekuatan, Beban Informasi, Konsistensi, Umpan Balik, Observabilitas, Kontrobilitas, Efisiensi, dan Keseimbangan. Namun dikarenakan penggunanya seorang tunanetra, maka penulis hanya membahas ragam dialog umpan balik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, JAWS (Job Access With Speech) mempunyai sifat-sifat ragam dialog yang ada terdapat 5 dan sifat-sifat dialog yang tidak ada terdapat 4. Dari hasil tersebut terlihat bahwa sifat-sifat umpan balik yang ada lebih banyak dari pada sifat-sifat ragam dialog yang tidak ada, ini membuktikan bahwa JAWS (Job Access With Speech) dikategorikan sudah memenuhi syarat-syarat ramah dengan pengguna, sesuai dengan Sembilan ragam dialog dan Sebelas konsep interaksi manusia dan komputer pada antarmuka bagi tunanetra. Umpan balik antara tunanetra dengan komputer dalam penggunaan software JAWS (Job Access With Speech) sudah sesuai dan nyaman bagi tunanetra karena sangat membantu dalam hal memperoleh informasi. JAWS ini disarankan untuk menambah menu bahasa Indonesia dan fasilitas pendukung dalam penggunaan JAWS supaya pengguna dapat menyesuaikan suara. } }